WNI Ditangkap di Arab Saudi karena Kibarkan Bendera Partai 

WNI sudah pulang ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan ditangkap kepolisian Madinah, Arab Saudi karena mengibarkan bendera partai Demokrat di Masjid Nabawi, Madinah.

Konsul Jenderal RI untuk Jeddah, Eko Hartono membenarkan kejadian tersebut. Namun, yang bersangkutan sudah pulang ke Indonesia.

"Sudah selesai (kasusnya). Yang bersangkutan sudah pulang ke Indonesia," kata Eko, kepada IDN Times, lewat pesan singkat, Jumat (10/2/2023).

Baca Juga: 5 Ide Gila Proyek Arab Saudi, Salah Satunya Wisata Kasino untuk Israel

1. Anak Ketua DPRD Kabupaten Karawang

WNI Ditangkap di Arab Saudi karena Kibarkan Bendera Partai Partai Demokrat (demokrat.or.id)

Setelah ditelusuri, WNI bernama Gibran ini ternyata merupakan anak dari Ketua DPRD Kabupaten Karawang yang sedang menjalankan ibadah umrah bersama dengan anggota Fraksi Demokrat DPRD Karawang.

Kasus ini dinyatakan sudah selesai dan Gibran juga telah pulang ke Indonesia.

Baca Juga: KJRI Jeddah Tak Diinfo Saudi soal WNI Lecehkan Perempuan Saat Umrah

2. Imbauan KJRI Jeddah untuk jemaah umrah dan haji

WNI Ditangkap di Arab Saudi karena Kibarkan Bendera Partai (WNI berada di Jeddah untuk menunaikan ibadah umrah) Dokumentasi KJRI Jeddah

Dalam wawancara terpisah dengan IDN Times, Konjen RI di Jeddah, Eko Hartono sempat menyampaikan imbauan untuk para jemaah umrah dan calon jemaah haji yang akan beribadah ke Tanah Suci.

"Jangan melakukan hal-hal yang melanggar ketentuan pemerintah Saudi. Ada beberapa hal yang di Indonesia boleh tapi di Saudi dilarang. Contohnya, foto ramai-ramai pakai spanduk misalnya organisasi agama, spanduk travel apalagi partai politik. Dalam kasus ini, sempat ada beberapa yang ditangkap," ucap Eko.

"Jadi, tidak boleh ambil foto sembararangan juga. Seragam, foto jemaah lain juga. Foto petugas keamanan atau objek-objek vital, misalnya guest house Raja di sebelah masjid. Lalu jangan sembarangan ambil-ambil foto. Pernah ada jamaah haji kita ditangkap polisi karena mengambil foto guest house Raja itu. Curi-curi foto jamaah negara lain juga tidak boleh," lanjut dia.

Baca Juga: Tak Diberitahu Ada WNI Terjerat Hukum, KJRI Jeddah Protes ke Saudi

3. Persiapan KJRI Jeddah menyambut musim haji

WNI Ditangkap di Arab Saudi karena Kibarkan Bendera Partai Ilustrasi Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Musim haji akan berlangsung dalam kurun waktu kurang lebih tiga bulan lagi. Untuk persiapan, Eko menegaskan bahwa KJRI Jeddah dan KBRI Riyadh telah mempersiapkan segala sesuatu guna menyambut para calon jemaah haji.

"Untuk persiapan, kita sudah melakukan berbagai persiapan organisasi, kerja sama dengan teman-teman di pusat terutama dengan Kemenag. Menag juga sudah turun langsung aktif memberikan arahan dan negosiasi dengan Menlu Arab saudi soal persiapan haji," tuturnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya