Xi Jinping Jadi Presiden untuk Periode Ketiga, Jokowi Ucapkan Selamat 

Jokowi berharap RI-China terus bekerja sama

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo mengucapkan selamat kepada Xi Jinping yang resmi menjabat sebagai Presiden China untuk ketiga kalinya, sekaligus menjadi Sekjen Partai Komunis China.

Terpilihnya Xi Jinping tak lepas dari hasil sesi pleno pertama Komite Sentral ke-20 Partai Komunis China. Selain itu, Xi Jinping juga diangkat lagi jadi kepala militer China.

Baca Juga: Partai Komunis Tunjuk Xi Jinping sebagai Presiden untuk Periode Ketiga

1. Jokowi harap Indonesia dan China terus lanjutkan kerja sama

Presiden Jokowi mengucapkan selamat untuk Xi Jinping di laman Instagram @jokowi, dengan mengunggah foto dirinya dengan Xi Jinping saat bertemu di Osaka, Jepang pada 2019. 

“Selamat kepada Presiden China Xi Jinping atas terpilihnya kembali sebagai Sekjen PKC. Berharap semoga Indonesia-China terus bekerja sama menguatkan hubungan dan mempromosikan perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan di Indo-Pasifik,” tulis Jokowi, Selasa (25/10/2022).

2. Xi Jinping menyamai rekor masa jabatan Mao Zedong

Xi Jinping Jadi Presiden untuk Periode Ketiga, Jokowi Ucapkan Selamat Presiden China Xi Jinping (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Xi Jinping menjadi pemimpin pertama Partai Komunis yang berhasil mengamankan masa jabatan ketiga sebagai Presiden China setelah pendiri partai Mao Zedong.

Dia juga terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral ke-20 Partai Komunis China (CPC) pada sesi pleno pertama komite, yang diadakan pada Minggu (23/10/2022).

Sidang akbar dihadiri 168 anggota pengganti dan 203 anggota Komite Sentral CPC. Pada pertemuan tersebut, Xi yang berusia 69 tahun itu ditunjuk sebagai kepala Komisi Militer Pusat (CMC) CPC atau panglima tertinggi militer negara itu.

3. Li Qiang diprediksi jadi PM China gantikan Li Keqiang

Xi Jinping Jadi Presiden untuk Periode Ketiga, Jokowi Ucapkan Selamat Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri China, Li Keqiang di Beijing (dok. Sekretariat Presiden)

Ketua Partai Shanghai saat ini, Li Qiang, kemungkinan akan mengambil alih posisi Perdana Menteri China dari Li Keqiang, yang akan pensiun tahun depan.

Pembantu dekat Ding Xuexiang, Ketua Partai Guangdong Li Xi dan bos Partai Beijing Cai Qi juga berada dalam barisan baru Xi Jinping, menurut siaran media pemerintah dari Balai Besar Rakyat Beijing.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya