Xi Jinping-Putin Absen di KTT G20 India

Xi Jinping diwakilkan oleh PM Li Qiang

Jakarta, IDN Times - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak hadir dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di New Delhi, India, hari ini.

Namun, menurut Menteri Luar Negeri India, S. Jaishankar, hal ini tidak akan mengganjal jalannya KTT G20 tersebut.

“Ada presiden atau perdana menteri, karena alasan tertentu, memilih untuk tidak datang ke pertemuan global dan posisi negara tersebut diwakilkan oleh delegasi,” kata Jaishankar, dikutip dari NDTV, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga: Presiden Xi Jinping: China Tidak Pernah Ingin Menjadi Hegemon Dunia

1. China diwakili PM Li Qiang

Xi Jinping-Putin Absen di KTT G20 IndiaPerdana Menteri China, Li Qiang. (IDN Times/Sonya Michaella)

Kementerian Luar Negeri China mengumumkan Perdana Menteri Li Qiang akan mewakili Xi Jinping untuk datang ke KTT G20 di India. Namun, Kemlu China tidak memberikan alasan mengapa Xi tidak hadir.

Sejumlah spekulasi muncul bahwa ketidakhadiran Xi karena ketegangan antara China dan India yang baru saja terjadi. Hubungan kedua negara memanas usai China merilis peta baru yang mencaplok dua wilayah India di perbatasan.

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke KTT G20 India, Bawa Agenda untuk Negara Berkembang

2. Putin absen lagi di KTT G20

Xi Jinping-Putin Absen di KTT G20 IndiaPresiden Rusia Vladimir Putin bersama Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping saat mengunjungi Kremlin Moskow pada rabu, 5 Juni 2019. (commons.wikimedia/Presidential Press and Information Office)

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin juga absen dalam KTT G20 kali ini. Putin tercatat sudah beberapa kali absen hadir di beberapa pertemuan internasional seperti KTT G20 di Bali tahun lalu, KTT BRICS di Johannesburg bulan lalu dan KTT ASEAN yang digelar di Jakarta pekan ini.

Dalam percakapannya dengan Perdana Menteri Narendra Modi bulan lalu, Putin mengatakan tidak bisa hadir di KTT G20 New Delhi dan akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

3. Jokowi hadir di KTT G20

Xi Jinping-Putin Absen di KTT G20 IndiaPresiden RI Joko Widodo melakukan konferensi pers usai KTT ke-43 ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo, usai menjadi tuan rumah KTT ASEAN, juga bertolak ke India untuk menghadiri KTT G20. Jokowi menegaskan, dirinya membawa isu kepentingan negara berkembang.

“Kolaborasi, kerja sama itu harus tetap diutamakan. Indonesia akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusivitas dan hak-hak untuk menyejahterakan rakyatnya. Termasuk di dalamnya industrial down streaming (hilirisasi industri)," kata Jokowi, sebelum lepas landas, kemarin.

Baca Juga: Putin Dipastikan Tak Hadir di KTT G20 India

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya