Putin Dipastikan Tak Hadir di KTT G20 India

Kremlin menegaskan Putin sedang fokus di Ukraina

Jakarta, IDN Times - Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak akan menghadiri KTT G20 di India pada 8-10 September 2023 mendatang.

“Perjalanan luar negeri saat ini tidak ada dalam agenda Putin karena ia berkonsentrasi pada operasi militer khusus di Ukraina,” kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, dikutip dari Al Jazeera, Selasa (29/8/2023).

Meski demikian, ada spekulasi yang bermunculan, jika Putin keluar dari Rusia, Pengadilan Kriminal Internasional bisa menangkapnya dengan tuduhan melakukan kejahatan perang di Ukraina.

“Itu tidak benar,” tegas Peskov.

Tahun lalu, Putin juga tidak menghadiri KTT G20 yang digelar di Indonesia, pun KTT ASEAN yang digelar di Jakarta pekan depan. Tak hanya itu, Putin juga tidak hadir di KTT BRICS di Afrika Selatan, pekan lalu.

Baca Juga: Putin Ucapkan Belasungkawa Atas Tewasnya Bos Wagner

1. Biden akan hadiri KTT G20

Putin Dipastikan Tak Hadir di KTT G20 IndiaPresiden Amerika Serikat Joe Biden (instagram.com/joebiden)

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dipastikan akan menghadiri KTT G20 di India yang digelar pada 8-10 September 2023.

“Presiden Biden dan mitra G20 akan membahas berbagai upaya bersama untuk mengatasi masalah global, termasuk transisi energi ramah lingkungan, memerangi perubahan iklim, mitigasi dampak ekonomi dan konflik Rusia-Ukraina,” kata Gedung Putih.

Baca Juga: Absen di KTT ASEAN, Joe Biden ke G20 dan Vietnam

2. G20 India akan soroti negara-negara berkembang

Putin Dipastikan Tak Hadir di KTT G20 IndiaPerdana Menteri India, Narendra Modi dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. (twitter.com/Narendra Modi)

India sebagai Presiden G20 tahun ini menegaskan akan berfokus pada negara-negara berkembang. Hal ini diungkapkan oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Modi juga mengusulkan Uni Afrika untuk menjadi anggota tetap forum tersebut.

"Kami memiliki visi inklusivitas dan dengan visi tersebut, kami mengundang Uni Afrika untuk menjadi anggota tetap G20," kata Modi.

Baca Juga: Ingin Hancurkan Imperalis, Kim Jong Un dan Putin Bertukar Surat

3. Digelar tiga hari di India

Putin Dipastikan Tak Hadir di KTT G20 Indiaunsplash.com/Naveed Ahmed

KTT G20 sendiri akan dimulai pada 8 hingga 10 September 2023. Para pemimpin negara akan berkumpul dan membahas isu-isu yang sedang bergulir di dunia saat ini.

Adapun isu-isu yang menjadi sorotan adalah perubahan iklim, transformasi energi, negara-negara berkembang dan membangun rantai pasok pangan yang tangguh.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya