Zelenskyy Kunjungi Donetsk, Apresiasi Upaya Tentara Ukraina 

Tentara Rusia bercokol di wilayah Donetsk

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengunjungi pasukannya di garis depan wilayah timur Donetsk. Tentara Rusia diketahui bercokol di wilayah tersebut.

Dilansir Al Arabiya, Rabu (24/5/2023), Zelenskyy mengunggah sejumlah foto dengan anggota militer di Telegram.

“Para pembela kita di garis depan. Hari ini saya berada di sini untuk menyampaikan ucapan selamat kepada pasukan kita di Hari Marinir Ukraina,” kata Zelenskyy.

Baca Juga: Zelenskyy Bakal Hadiri KTT G7 Hiroshima

1. Ukraina panen dukungan di G7

Zelenskyy Kunjungi Donetsk, Apresiasi Upaya Tentara Ukraina Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di antara para pemimpim G7. (dok. Twitter @POTUS)

Sebelumnya, Zelenskyy baru saja menghadiri undangan KTT G7 di Hiroshima, Jepang. Di Hiroshima, Zelenskyy panen dukungan dari negara-negara G7 dan Uni Eropa.

Zelenskyy mengeklaim sejumlah kemenangan di beberapa medan pertempuran saat berbicara di depan para pemimpin G7.

“Foto-foto di Hiroshima mengingatkan saya pada Bakhmut,” kata Zelenskyy, saat mengunjungi Hiroshima, kota yang dijatuhi bom atom oleh pasukan Amerika Serikat pada Perang Dunia II 1945.

Bakhmut menjadi pusat pertempuran antara pasukan Ukraina dan Rusia. Pasukan Rusia bahkan mengeklaim telah merebut Bakhmut, tetapi hal ini dibantah oleh Kiev.

Baca Juga: Zelenskyy di KTT G7: Pemimpin Dunia Harus Bersatu Lawan Rusia

2. Pasukan Ukraina mulai masuki Rusia

Laporan terbaru menyebutkan pasukan Ukraina sudah mulai masuk ke wilayah Belgorod, Rusia, yang berada di perbatasan kedua negara.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan, pasukan Rusia sedang berusaha mengusir pasukan Ukraina keluar dari wilayah mereka.

“Tujuan pasukan Ukraina masuk ke Belgorod adalah untuk menyabotase dan mengalihkan perhatian dari Bakhmut (pusat dari pertempuran sekarang),” kata Peskov, dikutip dari RIA Novosti.

Baca Juga: Presiden Brasil Kesal Batal Bertemu Zelenskyy karena Ngaret

3. Ukraina balik menuding Rusia

Sementara itu, pejabat intelijen Ukraina balik menuding Rusia bahwa serangan yang terjadi di Belgorod dilakukan warga Rusia sendiri.

Dilaporkan ada dua orang terluka akibat adanya bentrokan di wilayah tersebut.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya