Zelenskyy: Pasukan Ukraina Berhasil Rebut 2 Kota dari Rusia

Pasukan Ukraina juga merebut desa di Kherson

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengklaim, pasukannya berhasil merebut kembali dua wilayah. Satu kota ada di sebelah selatan dan satu lagi di sebelah timur.

Zelenskyy menegaskan, perebutan wilayah kembali ini termasuk dalam serangan balasan yang diluncurkan pasukan Ukraina untuk melawan Rusia.

1. Pasukan Ukraina berhasil mengusir pasukan Rusia

Zelenskyy: Pasukan Ukraina Berhasil Rebut 2 Kota dari RusiaPresiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. twitter.com/ZelenskyyUa

Dilansir Al Jazeera, Selasa (6/9/2022), pasukan Ukraina mengklaim berhasil mengusir pasukan Rusia di daerah dekat Kramatorsk, sebuah kota utama di wilayah Donetsk timur.

Terkait dengan pernyataan Zelenskyy, orang nomor satu di Ukraina ini hanya mengatakan pasukannya berhasil merebut dua kota tanpa menyebutkan di mana kota tersebut.

"Pasukan Ukraina telah merebut dua kota di selatan dan satu di timur," ujar Zelenskyy menegaskan.

Baca Juga: Ukraina Serang Rusia, Zelenskyy: Pasukan Putin Silakan Mudik! 

2. Pasukan Ukraina merebut desa di Kherson

Zelenskyy: Pasukan Ukraina Berhasil Rebut 2 Kota dari RusiaTentara Angkatan Bersenjata Ukraina mengendarai kendaraan peluncur roket otomatis saat berlatih di wilayah Kherson, Ukraina, dalam foto handout yang dirilis pada Selasa (1/2/2022). ANTARA FOTO/Ukrainian Armed Forces Press Service/Handout via REUTERS/FOC.

Sementara itu, pasukan Ukraina dilaporkan berhasil merebut Desa Vysokopillia di Kherson, pada Minggu (4/9/2022).

Mereka pun langsung mengibarkan bendera Ukraina di atas rumah sakit di daerah tersebut, sebagai lambang kesuksesan perlawanan menghadapi Kremlin.

Kherson merupakan kota yang diduduki Ukraina saat awal invasi pada Februari 2022 lalu. Tempat ini adalah satu dari sekian wilayah penting di Ukraina karena berada di hulu Sungai Dnieper menuju Laut Hitam.

3. Militer Ukraina menembus pertahanan Rusia

Zelenskyy: Pasukan Ukraina Berhasil Rebut 2 Kota dari RusiaSeorang anggota tentara Rusia menembakkan sebuah howitzer dalam latihan militer di Kuzminsky di selatan Rostov, Rusia, Rabu (26/1/2022). ANTARA FOTO/Sergey Pivovarov/File Photo.

Pada akhir Agustus kemarin, Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Oleksiy Arestovych, mengatakan bahwa pasukannya telah menembaki kapal feri yang digunakan Kremlin untuk memasok pasukan Rusia di wilayah Kherson.

Pasukan Ukraina juga mengklaim telah menembus garis pertahanan pertama Rusia. Mereka mengumumkan aksi serangan balasan di front selatan untuk merebut kembali wilayah Kherson.

Angkatan bersenjata Ukraina telah beberapa kali meluncurkan serangan di front selatan, termasuk sebelum operasi merebut Kherson dilakukan. Pejabat Kiev mengatakan, mereka menggunakan sistem roket HIMARS yang dipasok dari AS.

Baca Juga: Dubes Ukraina Belum Bisa Pastikan Kehadiran Zelenskyy di G20

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya