Pakistan Resmi Bebaskan Pilot Pesawat Tempur India 

Jadi isyarat perdamaian kedua negara

Islamabad, IDN Times – Pakistan secara resmi membebaskan Komandan Penerbang Abhinandan Varthaman, pilot pesawat tempur India yang ditahan pihak militer Pakistan sejak Rabu (27/02) lalu. Abhinandan diserahkan kepada pejabat resmi India pada Jumat (02/03) kemarin di perbatasan India-Pakistan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pakistan menembak jatuh 2 pesawat tempur India dalam sebuah pertempuran udara di atas garis batas gencatan senjata di wilayah Kashmir, Rabu (27/02) pagi waktu setempat. Salah satu pesawat jatuh di wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan dan ditangkap serta ditahan oleh pihak militer setempat.

Prosesi pembebasan diselenggarakan di Wagah, wilayah perbatasan kedua negara, sebelah Pakistan. Abhinandan dilepas meninggalkan Wagah dan melangkah melintasi garis perbatasan memasuki Attari, wilayah perbatasan sebelah India.

1. Isyarat perdamaian Pakistan kepada India

Pakistan Resmi Bebaskan Pilot Pesawat Tempur India morungexpress.com

Pembebasan pilot yang menerbangkan pesawat tempur merupakan isyarat perdamaian dari Pakistan kepada India untuk meredakan ketegangan kedua negara yang memiliki kekuatan nuklir tersebut. Hal itu dinyatakan langsung oleh Perdana Menteri Pakistan Imran Khan sehari sebelum pembebasan.

Segera setelah pernyataan tersebut dikeluarkan, pejabat militer India menyatakan  menyambut baik rencana pembebasan tersebut, tetapi menolak untuk mengkonfirmasi kalau mereka akan mengurangi konflik antara kedua negara.

Baca Juga: Pakistan Klaim Tembak Jatuh 2 Pesawat Tempur India

2. Abhinandan mengaku diperlakukan dengan baik

Pakistan Resmi Bebaskan Pilot Pesawat Tempur India gulfnews.com

Dalam pernyataan yang disiarkan oleh televisi Pakistan, Abhinandan Varthaman menjelaskan perihal bagaimana pesawatnya ditembak jatuh dan tentara Pakistan menyelamatkannya dari agitasi sejumlah penduduk lokal yang mengerumuninya.

Mengutip BBC, Abhinandan menuturkan, "Tentara Pakistan menjaga Saya dengan sangat baik. Mereka benar-benar profesional," sembari menambahkan bahwa dia melihat adanya peluang bagi perdamaian di antara kedua negara.

Pejabat India menyampaikan bahwa Abhinandan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Jum'at Malam waktu setempat untuk selanjutnya diterbangkan ke New Delhi untuk ditanyai oleh pihak militer India. Pilot tersebut direncanakan akan berkumpul kembali dengan keluarganya akhir pekan ini.

3. Disambut sebagai pahlawan

Pakistan Resmi Bebaskan Pilot Pesawat Tempur India bloomberg.com

Pembebasan Abhinandan oleh Pemerintah Pakistan disambut meriah oleh penduduk India. Di berbagai tempat penduduk berkumpul dan bernyanyi serta menari gembira. Mereka juga meneriakkan yel-yel yang mengelu-elukan Abhinandan sebagai pahlawan.

Perdana Menteri India Narendra Modi memujinya dan menyatakan bahwa India bangga atas keteladanannya yang patut untuk dicontoh. Pemerintah India menerbangkan orang tua Abhinandan ke Amritsar, dekat Wagah, untuk menyambut putra mereka.

Baca Juga: India Tuntut Pembebasan Pilotnya yang Ditahan Pakistan

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya