Pakistan Klaim Tembak Jatuh 2 Pesawat Tempur India

Sejumlah penerbangan sipil kedua negara dibatalkan

Pakistan mengklaim telah menembak jatuh dua pesawat tempur India dalam sebuah kontak senjata udara di atas garis batas gencatan senjata di wilayah Kashmir, Rabu (27/02) pagi waktu setempat.  

Mengutip The Telegraph, juru bicara militer Pakistan menyatakan bahwa pertempuran udara terjadi setelah pesawat-pesawat tempur Pakistan merespons manuver pesawat-pesawat tempur India yang memasuki wilayah udara Pakistan. Disebutkan juga, Pakistan telah menahan salah seorang dari dua pilot pesawat yang ditembak jatuh tersebut.

Sejauh ini belum ada tanggapan Pemerintah India terhadap klaim Pakistan tersebut.

1. Respons atas serangan udara India

Pakistan Klaim Tembak Jatuh 2 Pesawat Tempur India.indiatoday.in

Klaim Pakistan tersebut hanya 24 jam setelah serangan udara terbatas yang dilakukan Angkatan Udara India terhadap daerah Balakot, Chakoti dan Muzzafarabad yang diidentifikasi Pemerintah India sebagai basis pelatihan kelompok militan Jaish-el-Mohammed. Seperti diberitakan, serangan India tersebut berlangsung Selasa (26/02) dini hari waktu setempat.

Serangan India atas wilayah Kashmir tersebut merupakan respons atas terhadap serangan bom bunuh diri yang dilakukan oleh kelompok militan Jaish-e-Mohammed atas konvoi paramiliter India dua pekan lalu. Serangan tersebut menelan korban jiwa 40 orang personil Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) India.

Baca Juga: Euforia Gajian di India, 133 Orang Tewas Akibat Pesta Miras Oplosan

2. Sejumlah penerbangan sipil dibatalkan

Pakistan Klaim Tembak Jatuh 2 Pesawat Tempur Indiaindiatoday.in

Mengantisipasi dampak ketegangan militer di antara kedua negara, Pakistan dikabarkan telah menunda sejumlah penerbangan domestik di Lahore, Islamabad dan beberapa kota lainnya. 

Di pihak lain, perusahaan penerbangan swasta India, Vistara, menyatakan ruang udara di wilayah India Utara telah ditutup dan sejumlah penerbangan dari dan ke Amritsar, Srinagar, Chandigarh dan Jammu dibatalkan.

3. Pertempuran di wilayah batas area gencatan senjata

Pakistan Klaim Tembak Jatuh 2 Pesawat Tempur IndiaWTX News via presstv.com

Eskalasi ketegangan di antara kedua negara dikabarkan meningkat tajam. India dikabarkan berada dalam keadaan siaga penuh sejak serangan yang mereka lakukan Selasa kemarin, menyusul pernyataan Islamabad yang akan membalas serangan tersebut dengan cara dan waktu yang mereka tentukan.

Pesawat-pesawat tempur India terlihat terbang berpatroli di atas Srinagar, ibukota Kashmir. Sementara pertempuran, dimana kedua pihak saling menembakkan mortir, terjadi beberapa ratus mil dari garis batas gencatan senjata kedua belah pihak.

India dan Pakistan terlibat pertikaian serius sejak tahun 1947 dalam sengketa atas wilayah Kashmir. Beberapa pertempuran pernah terjadi sebelumnya di antara kedua negara. 

Baca Juga: Ingin Bertemu Perdana Menteri Bangladesh, Pemuda Nekat Bajak Pesawat  

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya