Comscore Tracker

Sebuah Bus Terbakar dan Meledak di Pusat Kota Roma

Kira-kira apa ya penyebabnya?

Roma, IDN Times - Kecelakaan nahas terjadi di Pusat Kota Roma, Italia. Sebuah bus pengangkut penumpang tiba-tiba terbakar dan meledak di pusat Ibu Kota Italia itu.

Seperti diberitakan oleh laman berita Reuters, asap yang diakibatkan oleh terbakarnya bus tersebut membumbung tinggi dan bahkan menutupi sejumlah area di pusat kota Roma.

Dikutip dari laman berita DW, peristiwa nahas itu terjadi pada Selasa (8/5/2018), sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat.

1. Seluruh penumpang dan sopir bus Telah dievakuasi

Badan Otoritas Transportasi Lokal, Atac, mengatakan bahwa supir bus dan seluruh penumpang telah berhasil di evakuasi. Evakuasi itu berhasil dilakukan saat bus berhenti di dekat Trevi Fountain yang cukup populer sebelum api berkobar. 

Tidak ada satu pun korban yang terluka dan insiden ini diduga bukan merupakan sebuah kecelakaan yang disabotase.

Meskipun dugaan sementara bahwa insiden ini bukan merupakan kecelakaan yang disabotase, namun investigasi tetap akan dilakukan guna mendapatkan kepastian penyebab insiden kebakaran dan ledakan di transportasi umum itu.

2. Badan Otoritas Transportasi Lokal (Atac) telah membuka penyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab insiden itu

Sebuah Bus Terbakar dan Meledak di Pusat Kota Romart.com

Belum ada penjelasan resmi yang diturunkan oleh badan otoritas terkait mengenai penyebab insiden nahas yang melibatkan transportasi umum ini.

Namun sebagai bentuk tanggung jawab dalam upaya mengusut penyebab terbakarnya bus pengangkut penumpang itu, badan otoritas transportasi lokal Atac telah membuka penyelidikan lebih lanjut untuk menginvestigasi penyebabnya.

Banyak spekulasi yang dikeluarkan oleh media Italia mengenai penyebab insiden nahas itu. Usia bus yang tua dan juga minimnya tingkat perawatan terhadap kendaraan transportasi umum, dituding menjadi penyebab utama bagi terjadinya kecelakaan bus itu.

Kantor Berita ANSA seperti dikutip dari laman berita DW, menyebutkan bahwa besar kemungkinan api kebakaran tersebut muncul akibat adanya hubungan arus pendek pada bagian kendaraan.

3. Kinerja Atac semakin disorot pasca insiden kebakaran bus di pusat Roma itu

Sebuah Bus Terbakar dan Meledak di Pusat Kota Romainfoglitz.com

Insiden terbakarnya bus pengangkut penumpang ini membuat kinerja dari Atac disorot berbagai pihak.

Seperti yang telah diketahui bahwa Badan Otoritas Transportasi itu tengah berhadapan dengan permasalahan hutang yang menggunung. Permasalahan hutang yang tak kunjung selesai itu, membuat mereka mengalami kesulitan untuk merawat dan juga peremajaan kendaraan-kendaraan transportasi umum.

Mantan Pimpinan Atac mengatakan bahwa pada tahun lalu jumlah utang perusahaan telah mencapai angka 1,3 Miliar Euro. 

Akibat hutang yang menggunung, Atac dituntun untuk segera menyatakan kebangkrutan perusahaan. 

Hutang yang menggunung itu juga membuat 36% dari jumlah bus yang dimiliki oleh Atac berada di dalam garasi karena rusak atau dalam masa pemeliharaan, demikian menurut laporan internal Atac seperti dikutip dari laman berita Reuters.

Insiden terbakarnya bus pengangkut penumpang di pusat kota sejarah Roma ini bukan kali pertama terjadi. Sepanjang tahun 2017 yang lalu, sekitar 20 bus di Roma dinyatakan hancur akibat kerusakan dan atau kebakaran.

Subagiyo Photo Verified Writer Subagiyo

Biarkan saja seperti ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya