Mesir Bakal Bangun Reaktor Nuklir Untuk Pertama Kalinya

Energi nuklir mulai dilirik manfaatnya...

Kairo, IDN Times - Kebutuhan energi yang semakin meningkat, memaksa Mesir untuk melirik sumber energi alternatif lainnya selain pembangkit listrik tenaga fosil. Energi alternatif yang dilirik ini adalah tenaga nuklir yang dipandang sebagai sumber penghasil energi yang cukup mumpuni.

Seperti dilaporkan oleh laman berita Reuters, pemerintah Mesir mengatakan akan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir mereka untuk yang pertama.

Menurut rencana, pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Mesir itu akan dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

1. Pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir ini merupakan bentuk kerja sama dengan Rusia

Mesir Bakal Bangun Reaktor Nuklir Untuk Pertama Kalinyaunsplash.com/ rawpixel

Pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Mesir ini akan dilakukan oleh Rusia. Pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir ini merupakan bentuk kerja sama bilateral antar kedua Negara.

Pada tahun 2015 yang lalu, Mesir dan Rusia menandatangani sebuat perjanjian tentang pembangunan proyek pembangkit nuklir di Negara Afrika itu.

Bentuk kerja sama yang ditandatangani oleh kedua Negara itu adalah diperpanjangnya pinjaman Rusia kepada Mesir, sebagai upaya untuk menutupi biaya pembangunan fasilitas nuklir tersebut.

Menurut sejumlah berita resmi yang dikutip dari laman Reuters, pinjaman itu bernilai sekitar 25 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2016 lalu.

Pinjaman yang digelontorkan oleh Rusia itu akan menopang pembiayaan pembangunan sebesar 85 persen, yang meliputi kontrak kerja, jasa hingga pengiriman peralatan pendukung untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir itu. Sementara pemerintah Mesir hanya menanggung 15 persen pendanaan sisanya.

2. Pembangkit listrik tenaga nuklir ini akan memiliki kapasitas daya sebesar 4800 megawatt

Mesir Bakal Bangun Reaktor Nuklir Untuk Pertama Kalinyapixabay.com/ WikimediaImages

Pemerintah Mesir cukup serius untuk memenuhi sektor kebutuhan energi mereka menggunakan pembangkit nuklir di masa mendatang.

Menurut rencana, kompleks pembangkit listrik tenaga nuklir ini akan dibangun di wilayah Dabaa yang terletak di bagian utara Mesir. Reaktor nuklir itu akan memiliki kapasitas daya 4800 megawatt, dan ditargetkan akan mulai beroperasi pada tahun 2026 mendatang.

"Bangunan (reaktor nuklir itu) akan memiliki kapasitas sebesar 4800 megawatt yang dibangun di wilayah Dabaa di bagian utara Mesir dan akan mulai beroperasi pada tahun 2026 yang akan datang," demikian menurut pernyataan dari Juru Bicara Kementrian Energi Mesir yang tak disebutkan namanya, seperti dikutip dari Egypt Today.

Percobaan operasional dari reaktor nuklir ini diharapkan paling cepat pada tahun 2022 mendatang, yang diharapkan bukan hanya akan dapat mencukupi kebutuhan energi dalam Negeri. Namun juga dapat diekspor ke negara lainnya.

3. Perusahaan Rusia akan membangun empat buah reaktor nuklir generasi ketiga untuk menyuplai fasilitas reaktor Mesir

Mesir Bakal Bangun Reaktor Nuklir Untuk Pertama Kalinyaunsplash.com/ Jason Blackeye

Menurut kesepakatan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, Perusahaan nuklir asal Rusia, Rosatom akan menjadi penanggung jawab dalam pendanaan dan pembangunan reaktor nuklir di wilayah Dabaa itu.

Rosatom akan membangun empat buah reaktor nuklir generasi ketiga yang masing-masing memiliki kapasitas produksi energi sebesar 1200 megawatt. Secara total maka empat reaktor nuklir itu akan mampu menyuplai kebutuhan energi Mesir sebesar 4800 megawatt jika beroperasi secara normal dan optimal.

Pembangunan kompleks pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Mesir ini akan membuka lowongan kerja yang cukup besar di Negara itu.

Mega proyek pembangunan fasilitas nuklir pembangkit listrik itu diperkirakan akan mampu menyerap tak kurang dari 50 ribu tenaga kerja di Negara itu, demikian seperti dilaporkan oleh laman Egypt Today.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi di Negara ujung Afrika itu, energi nuklir menjadi rencana penting pemerintah Mesir.

Energi nuklir adalah bagian dari pemerintah setempat untuk melakukan diversifikasi terhadap sumber energinya. Sehingga tidak hanya bergantung pada sumber energi fosil. Upaya untuk melakukan diversifikasi sumber energi ini diharapkan akan menjadi upaya yang efektif bagi Mesir, untuk mencegah terjadinya krisis energi di masa depan yang diakibatkan oleh adanya kelangkaan energi listrik.

Subagiyo Photo Verified Writer Subagiyo

Biarkan saja seperti ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya