Comscore Tracker

33 Orang Tewas Akibat Hujan Deras Selama Hampir Sepekan di Brasil

Situasi bisa lebih parah bila hujan terus menerus melanda

Jakarta, IDN Times - Hujan lebat yang mengguyur kota metropolitan Recife, ibu kota negara bagian Pernambuco, dan sejumlah wilayah lainnya di Brasil, sejak Selasa lalu hingga Sabtu malam, membuat sejumlah daerah dilanda banjir dan tanah longsor.

Akibat hujan deras dan bencana banjir serta longsor tersebut, dilaporkan hingga Sabtu (28/5/2022), 33 orang tewas dan sedikitnya 1.000 orang meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi.

"Dalam 24 jam (pada Sabtu 28 Mei 2022), dilaporkan 28 orang meninggal," demikian pernyataan otoritas setempat, sepertidikutip dari VOA, Minggu (19/5/2022).

Baca Juga: Layar Bandara di Rio de Janeiro Brasil Diretas, Tampilkan Video Porno

1. Sebagian besar korban meninggal akibat longsor

33 Orang Tewas Akibat Hujan Deras Selama Hampir Sepekan di BrasilIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Total dari 28 korban meninggal pada Sabtu kemarin, 19 orang di antaranya tewas akibat longsor besar yang terjadi di Jardim Monteverde, sebuah daerah perbatasan antara Recife dan Kota Jaboatao dos Guararapes.

Sementara itu, 6 orang lainnya tewas akibat longsor di Kota Camaragibe, dan 2 korban tewas lainnya di wilayah Recife dan Jaboatao dos Guararapes.

"Lima orang lainnya tewas saat badai menghantam pada Selasa," ujar otoritas setempat.

2. Akibat hujan deras, jalanan direndam banjir, rumah ambruk, dan longsor

33 Orang Tewas Akibat Hujan Deras Selama Hampir Sepekan di BrasilIlustrasi bangunan rusak akibat angin kencang. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Media setempat melaporkan, 3 orang tewas akibat longsor di Olinda, dan empat orang lainnya tewas karena jatuh ke Sungai, juga di Olinda.

Video-video yang diposting di media sosial memperlihatkan jalan-jalan direndam banjir di sejumlah kota, rumah ambruk, dan juga longsor.

3. Volume hujan setara dengan lebih dari 70 persen hujan yang diperkirakan terjadi selama Mei

33 Orang Tewas Akibat Hujan Deras Selama Hampir Sepekan di BrasilIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kantor Wali Kota Pernambuco mengatakan, antara Jumat dan Sabtu, volume hujan mencapai 236 millimeter (9 inci) di beberapa wilayah di Ibu Kota Pernambuco. Ini setara dengan lebih dari 70 persen hujan yang diperkirakan selama bulan Mei.

Badan Cuaca dan Air Pernambuco mengatakan, situasi bisa menjadi lebih parah bila hujan terus menerus mengguyur wilayah tersebut dalam 24 jam ke depan.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya