Adik Kim Jong Un Ngamuk, Ancam Tembak Pesawat AS yang Terobos Korut

Pesawat mata-mata AS masuk ZEE Korut 8 kali

Jakarta, IDN Times - Kim Yo Jong, adik perempuan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, mengaku telah mengusir pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS) yang terbang di atas wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negaranya pada Senin (10/7/2023).

Kim Yo Jong pun mengancam akan bertindak jika Washington melanjutkan operasinya di ZEE Korut.

Tudingan itu kemudian dibantah AS dan Korea Selatan (Korsel), di mana Keduanya mendesak Pyongyang menahan diri dari langkah yang meningkatkan permusuhan.

1. Pesawat mata-mata AS masuk ZEE Korut 8 kali

Adik Kim Jong Un Ngamuk, Ancam Tembak Pesawat AS yang Terobos KorutIlustrasi jet tempur F-35 (pixabay.com/Military_Material)

Dilansir Associated Press, belum jelas tindakan seperti apa yang akan diambil Korut. Sebelumnya, Pyongyang kerap mengancam untuk menindak dugaan spinonase oleh Washington.

Kim Yo Jong mengatakan, pesawat mata-mata AS masuk ke ZEE Korut bagian timur sebanyak delapan kali pada Senin. Ia menambahkan, pesawat tempur Pyongyang telah diluncurkan untuk mengusir itu.

"Insiden mengejutkan akan terjadi dalam jangka panjang di bagian 20-40 kilometer di mana pesawat mata-mata AS biasanya menyusup ke langit di atas zona perairan ekonomi Korut”, kata Kim Yo Jong, lapor KCNA pada Senin malam.

Baca Juga: Jepang Akan Buang Limbah Nuklir, Korut: Berdampak Buruk untuk Ekologis

2. AS sebut penerbangan di atas wilayah ZEE Korut sesuai hukum

Sementara itu, wakil sekretaris pers Departemen Pertahanan AS Sabrina Singh mengatakan, klaim Korut yang menyebut AS melanggar zona udaranya adalah tudingan belaka. 

“AS, seperti biasa, tetap berkomitmen untuk terbang, berlayar, beroperasi dengan aman dan bertanggung jawab di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional dan bersama sekutu dan mitra kami,” kata Singh, mengutip ABC News.

Di sisi lain, juru bicara Departemen Luar Negara Luar AS Matthew Miller mendesak Korut menahan diri dari tindakan yang memicu eskalasi lebih lanjut. Pihaknya juga meminta Pyongyang serius dalam berdiplomasi.

3. Korsel desak Korut hentikan retorika yang picu ketegangan

Adik Kim Jong Un Ngamuk, Ancam Tembak Pesawat AS yang Terobos KorutIlustrasi bendera Korea Selatan (unsplash.com/Lauren Seo)

Sementara itu, juru bicara Kepala Staf Gabungan Korsel Lee Sung Joon membantah tudingan Korut. Ia mengatakan, AS tengah menggelar kegiatan pengintaian standar berdasarkan koordinasi militer Seoul-Washington.

Kepala Staf Gabungan Korsel dalam pernyataan lainnya mendesak Korut hentikan retorika yang meningkatkan ketegangan. Pihaknya mengklaim penerbangan pesawat itu tergolong normal, mengutip Reuters.

Seperti diketahui, ketegangan di Semenanjung Korea awal tahun ini mengalami peningkatan. Ini tak luput dari latihan militer gabungan AS-Korsel di dekat perbatasan Korut.

Demikian juga Pyongyang, yang mengintensifkan program nuklirnya dan telah menembak hampir 100 rudal sejak awal 2022.

Baca Juga: Presiden Korsel Minta Kementerian Unifikasi Tegas ke Korut

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya