Jet Tempur AS Kejar Pesawat yang Melintasi Zona Udara Washington DC 

Pesawat pribadi itu kemudian jatuh di pegunungan Virginia 

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat (AS) mengerahkan jet tempur F-16 untuk kejar pesawat yang melanggar wilayah udara di sekitar Washington DC pada Senin (5/6/2023). Namun, jet pribadi itu kemudian jatuh di pegunungan Virginia.

Pilot dilaporkan tidak responsif sebelum pesawat pribadi itu jatuh. Berdasarkan laporan kepolisian negara bagian Virginia, tidak ada korban selamat yang ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat.

Warga di sekitar Washington pun dibuat heboh akibat sonic boom atau dentuman sonik yang dipicu jet tempur dalam pengejaran pesawat pribadi Cessna Citation.

Baca Juga: Latih Pilot Ukraina, AS Siap Dukung dengan Jet Tempur F-16

1. Pesawat jet pribadi bawa empat penumpang 

Jet Tempur AS Kejar Pesawat yang Melintasi Zona Udara Washington DC ilustrasi pesawat (unsplash.com/Yuri G)

Melansir Reuters, seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, Cessna Citation membawa empat penumpang. Pesawat itu mampu mengangkut tujuh hingga 12 penumpang.

Dalam pernyataan kepolisian Virginia, responden pertama yang mencapai lokasi kecelakaan beberapa jam kemudian menyebut, tidak ada satu penumpang pun yang ditemukan selamat.

Menurut laporan situs pelacakan penerbangan Flight Aware, Cessna terdaftar untuk perusahaan Encore Motors of Melbourne yang berbasis di negara bagian Florida. Sementara itu, pemilik Encore John Rumpel mengatakan, pesawat itu membawa putrinya, seorang cucu dan pengasuhnya.

"Kami tidak tahu apa-apa tentang kecelakaan itu, Kami sedang berbicara dengan FAA (Badan Penerbangan Federal AS) sekarang," katanya kepada Washington Post.

Baca Juga: Zelenskyy Tiba di Polandia: Bahas Jet Tempur-Temui Pengungsi Ukraina

2. Pesawat terbang dengan kondisi autopilot 

Berdasarkan pernyataan Komando Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara (NORAD), militer AS berusaha menghubungi pilot Cessna yang kemudian tidak responsif. Pesawat ditemukan jatuh di dekat Hutan Nasional George Washington di Virginia.

Sementara, sumber lain yang mengetahui insiden tersebut mengatakan, Cessna tampaknya terbang dengan kondisi autopilot.

"Pesawat NORAD diizinkan melakukan perjalanan dengan kecepatan supersonik dan dentuman sonik mungkin telah terdengar oleh penduduk di wilayah tersebut," kata pernyataan itu, menambahkan bahwa pesawat NORAD juga menggunakan suar untuk menarik perhatian pilot, dikutip dari The Guardian.

Seorang pejabat AS mengungkap kecelakaan tersebut bukan disebabkan oleh militernya. FAA memaparkan, Cessna terbang dari bandara Kota Elizabethton di Elizabethton, Tennessee, menuju bandara Long Island MacArthur di New York. Pihaknya menambahkan, insiden akan diselidiki Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB)

Menurut Flight Aware, Cessna tampaknya sempat mencapai wilayah New York. Pesawat itu kemudian berbelok hampir 180 derajat.

Baca Juga: Dikutuk AS, China Tuduh Washington Injak-injak Kedaulatan Negara Lain

3. Gelombang kejut terdengar di sekitar Washington 

Jet Tempur AS Kejar Pesawat yang Melintasi Zona Udara Washington DC Ilustrasi jet tempur F-35 (pixabay.com/Military_Material)

Pada 1998, pegolf profesional Payne Stewart tewas setelah pesawat pribadi yang ditumpanginya jatuh di South Dakota. Enam orang dinyatakan tewas, dikutip dari Al Jazeera.

Dalam kasus penerbangan Stewart, pesawat kehilangan tekanan kabin. Kondisi itu menyebabkan penumpang dan pilot kehilangan kesadaran lantaran kekurangan oksigen.

Pada 2014, sebuah pesawat pribadi kecil AS dengan pilot yang tidak responsif jatuh di lepas pantai timur Jamaika. Itu terjadi setelah pesawat berbelok jauh dari jalur hingga memicu beberapa peringatan keamanan, termasuk pengawalan oleh jet tempur.

Terkait kejadian pada Minggu, penduduk di Washington heboh di media sosial akibat sonic boom yang mengguncang tanah dan dinding. Gelombang kejut juga dilaporkan terdengar sampai Virginia utara dan Maryland.

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya