Zelenskyy Tiba di Polandia: Bahas Jet Tempur-Temui Pengungsi Ukraina

Polandia beri Ukraina jet tempur MiG-29    

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tiba di Warsawa, Polandia pada Rabu (5/4/2023). Kunjungan itu sebagai ungkapan terima kasih kepada Polandia atas dukungannya yang menentang invasi Rusia.

Melansir Associated Press, di Polandia Zelenskyy akan membahas soal rekonstruksi kota-kota pascaperang dan gandum Kiev yang diprotes banyak petani Warsawa. Dia juga akan menemui warganya yang mengungsi di Polandia. 

1. Polandia beri Ukraina jet tempur MiG-29  

Presiden Polandia Andrez Duda menganugerahi Zelenskyy sebagai The Order of the White Eagle. Dia menjelaskan, itu biasanya diberikan kepada orang-orang terkemuka di Polandia dan terkait hubungan bilateral dengan negara lain.

“Kami yakin bahwa sikap Anda, bersama dengan keberanian bangsa, telah menyelamatkan Ukraina,” kata Duda kepada Zelenskyy dalam upacara penyambutan di istana kerajaan.

Sebelumnya, kunjungan Zelenskyy ke London, Paris, dan Brussel pada Februari bertujaun melobi jet tempur, keanggotaan Uni Eropa dan NATO. Sementara, kunjungan ke Amerika Serikat (AS) pada Desember 2022 untuk menopang dukungan politik dari Washington.

Duda mengatakan bahwa Polandia telah menyediakan empat unit MiG-29 buatan Uni Soviet untuk Ukraina. Dia menjelaskan, empat lainnya dalam tahap penyerahan dan enam lainnya sedang disiapkan.

Baca Juga: Presiden Prancis Akan Kunjungi China untuk Bahas Perang Rusia-Ukraina

2. Polandia akan bantu rekonstruksi Ukraina pascaperang 

Zelenskyy Tiba di Polandia: Bahas Jet Tempur-Temui Pengungsi UkrainaIlustrasi bangunan rusak (unsplash.com/Evgeniy Alyoshin)

Polandia tertarik untuk berpartisipasi dalam kontrak masa depan untuk pembangunan kembali Ukraina pascaperang. Bank Dunia mengatakan, rekonstruksi bisa menelan biaya senilai 411 miliar dolar AS (sekitar Rp6,1 kuadriliun).

Zelenskyy mengatakan, Ukraina akan menyambut baik Polandia yang ingin membantu rekonstruksi wilayahnya. Dia menambahkan, kunjungan itu akan menandatangani perjanjian soal pengembangan proyek infrastruktur negaranya.

Zelenskyy juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dalam forum ekonomi yang berfokus membahas rekonstruksi Ukraina. Tak hanya itu, dia juga akan menyapa warganya yang mengungsi di Polandia.

Sejak invasi dimulai, lebih dari 1,5 juta warga Ukraina mendaftar ke otoritas Polandia untuk mengungsi. Akan tetapi, jumlah pasti yang hadir di Polandia pada saat tertentu sulit terdata lantaran banyak dari mereka yang bolak-balik.

3. Biji-bijian Ukraina di Polandia membuat petani lokal geram  

Zelenskyy Tiba di Polandia: Bahas Jet Tempur-Temui Pengungsi UkrainaIlustrasi panen (unsplash.com/Darla Hueske)

Kunjungan itu dilakukan saat para petani geram dengan otoritas Polandia terkait biji-bijian Ukraina. Sebab, gandum Ukraina yang singgah telah menyebabkan harga lokal menurun.

Diketahui, gandum Ukraina di Polandia itu hanya untuk disimpan dan transit guna diedarkan ke wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah. Akan tetapi, para petani mengatakan biji-bijian itu malah dijual dan beredar di pasaran hingga menyebabkan harga lokal menurun.

Kepala kantor kebijakan luar negeri presiden Polandia mengakui bahwa isu tersebut telah memicu ketegangan dan akan dibahas oleh pihak terkait, dilansir ABC News.

Baca Juga: Rusia Salahkan Ukraina atas Bom yang Tewaskan Blogger Militer Tenar

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya