Pasukan ECOWAS Diminta Siaga untuk Serang Junta Militer Niger  

ECOWAS berharap krisis Niger bisa selesai secara damai

Jakarta, IDN Times - ECOWAS (Masyarakat Ekonomi Negara Afrika Barat) memerintahkan aktivasi dan pengerahan terhadap pasukannya pada Kamis (10/8/2023). Hal itu diumumkan setelah blok Afrika Barat itu memberi ultimatum pekan lalu terhadap junta Niger soal intervensi militer.

Dalam pertemuan di Abuja, Nigeria, Presiden Komisi ECOWAS Omar Alieu Touray mengatakan, pengerahan dilakukan untuk memulihkan tatanan konstitusional di Niger. 

Tidak jelas hal apa saja yang diperlukan untuk pengerahan dan aktivasi pasukan ECOWAS. Tetapi, blok ekonomi berjumlah 15 negara itu tetap memprioritaskan diplomasi dan pendekatan damai untuk memulihkan stabilitas di Niger.

1. Ancaman ECOWAS jika anggotanya halangi penyelesaian krisis Niger

Pasukan pengaman presiden menggulingkan pemimpin Niger Mohamed Bazoum pada akhir Juli. Beberapa hari kemudian, ECOWAS menjatuhkan sanksi dan mengancam bakal mengerahkan pasukan jika junta enggan membatalkan kudeta dalam seminggu, dilansir CNN. 

Kemudian, tenggat waktu berakhir pada 6 Agustus dan tidak ada perubahan dalam memulihkan Niger. ECOWAS sedari awal mengincar solusi diplomatik dan hanya akan mengirim pasukan sebagai upaya terakhir.

Terkait pertemuan di Abuja, Touray menyebut akan ada konsekuensi bagi anggota ECOWAS yang menghalangi penyelesaian krisis Niger secara langsung maupun tidak langsung.

Secara terpisah, Presiden Pantai Gading Alassane Ouattara mengatakan, semua anggota ECOWAS telah mencoba berdialog dengan junta Niger. Tetapi, mereka diberitahu junta bahwa Bazoum akan ditahan sebagai sandera.

“Kita tidak bisa membiarkan ini berlanjut, kita harus bertindak,” ujar Ouattara.

Baca Juga: 5 Perkembangan Terkini Kudeta di Niger: Tuduh Prancis Kirim Teroris

2. Pantai Gading siap bekingi operasi militer ECOWAS

Pasukan ECOWAS Diminta Siaga untuk Serang Junta Militer Niger  Ilustrasi tentara (pixabay.com/nambasi)

Ouattara mengatakan ia telah menginstruksikan pasukan Pantai Gading untuk bergerak demi antisipasi operasi ECOWAS.

Sebelumnya, Mali dan Burkina Faso yang juga dipimpin junta, menyatakan dukungannya kepada Niger. Keduanya memperingatkan bahwa setiap intervensi militer akan dianggap sebagai deklarasi perang. 

Seorang sumber di Niger menyebut, angkatan bersenjata tampaknya tengah bersiap dengan kemungkinan intervensi militer pekan ini. Pada Minggu malam, sekitar 40 truk pick-up tiba di Niamey dan membawa pasukan dari penjuru wilayah Niger.

3. AS dukung ECOWAS soal pemulihan Niger

Pasukan ECOWAS Diminta Siaga untuk Serang Junta Militer Niger  Ilustrasi bendera Amerika Serikat (unsplash.com/Brandon Mowinkel)

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) mengatakan bakal meminta pertanggungjawaban junta Niger atas keselamatan Bazoum beserta keluarganya.

Di sisi lain, Uni Eropa juga menyerukan agar Bazoum dibebaskan segera, dilansir Reuters.

"ECOWAS memainkan peran kunci dalam memperjelas keharusan kembali ke tatanan konstitusional, dan kami sangat mendukung kepemimpinan ECOWAS dan mengerjakan ini," kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, pada Kamis malam, dikutip dari The Guardian.

Baca Juga: AS Setop Pengiriman Bantuan ke Niger Imbas Kudeta Militer

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya