Serangan Balik Ukraina Sukses, AS Tetap Waspadai Gerakan Rusia

AS enggan selebrasi dini atas keberhasilan Ukraina  

Tangerang Selatan, IDN Times - Beberapa pejabat Amerika Serikat (AS) enggan merayakan serangan balik Ukraina yang berhasil memaksa pasukan Rusia untuk mundur. 

Sebaliknya, AS sedang mengantisipasi kemungkinan pertempuran mendatang. Washington dikabarkan sedang menyusun rencana untuk menyediakan lebih banyak senjata dan pelatihan militer kepada Ukraina, sembari menunggu laporan Rusia mengenai kerugian akibat perang.  

1. AS tidak ingin selebrasi dini terhadap keberhasilan Ukraina  

Serangan Balik Ukraina Sukses, AS Tetap Waspadai Gerakan RusiaIlustrasi angkatan bersenjata Ukraina (pixabay.com/Oleg Mityukhin)

Para pejabat juga meyakini bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin masih memiliki pasukan dan sumber daya untuk dimanfaatkan. Pasukan tempur Moskow juga masih menguasai sejumlah wilayah di Ukraina timur dan selatan.

“Saya setuju tidak boleh ada spiking of the ball karena Rusia masih memiliki kartu yang bisa dimainkannya,” kata Philip Breedlove, seorang pensiunan jenderal Angkatan Udara AS yang merupakan komandan tertinggi NATO dari 2013-2016, pada Selasa (13/9/2022).

“Ukraina sekarang jelas membuat perubahan yang tahan lama di timur dan utara. Saya percaya bahwa jika Barat melengkapi Ukraina dengan benar, mereka akan dapat mempertahankan keuntungan mereka,” tambahnya, dikutip dari AP.

Anggota parlemen AS juga mengingatkan, keberhasilan pasukan Ukraina adalah berkat pemberian senjata presisi dan sistem roket yang diberikan olehnya dan sekutunya.

Chris Coons, anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat, mengapresiasi para pejuang Ukraina yang termotivasi untuk memanfaatkan beberapa senjata seperti pesawat nirawak, senjata bekas pasukan Rusia, dan HIMARS. Berkatnya, pasukan itu mampu untuk membalikan keadaan secara dramatis.

Baca Juga: Kremlin Palsukan Kematian Pejabat Antek Rusia di Ukraina

2. AS mengaku bantu lancarkan serangan Ukraina melalui serangkaian informasi

Serangan Balik Ukraina Sukses, AS Tetap Waspadai Gerakan RusiaIlustrasi tentara (pixabay.com/David Mark)

Sementara itu, seorang pejabat senior pertahanan mengungkapkan, AS berencana memenuhi kebutuhan masa depan militer Kiev. AS sedang berdiskusi untuk memberikan pelatihan tempur intensif kepada pasukan Ukraina. 

Berbicara secara anonim, pejabat itu mengatakan bahwa AS sedang mempertimbangkan untuk mengirim sistem pertahanan udara tambahan dan lebih banyak drone pengintai untuk Ukraina.

Para pejabat mengakui bahwa AS membantu Ukraina memberikan informasi untuk melancarkan serangan balasan. Namun, mereka menolak menjawab ketika ditanya apakah pejabat barat ikut terlibat dalam perencanaan menyerang pasukan Rusia yang lengah di Timur.

“AS memberikan informasi tentang kondisi di negara itu. Pada akhirnya, ini adalah pilihan Ukraina. Militer Ukraina dan kepemimpinan politik Ukraina membuat keputusan tentang bagaimana melakukan serangan balasan ini,” ujar salah satu pejabat AS.

3. Putin diyakini masih memiliki rencana lain

Serangan Balik Ukraina Sukses, AS Tetap Waspadai Gerakan RusiaPresiden Rusia, Vladimir Putin (twitter.com/KremlinRussia)

Terlepas dari kemunduran pasukan Rusia, Breedlove mencatat bahwa Putin masih memiliki banyak tank, truk, dan pasukan yang bisa digerakkan. 

Dia juga memperingatkan, musim dingin mendatang akan membawa tantangan yang paling menakutkan. Langkah putin membatasi pasokan bahan bakar ke Eropa, yang diperkirakan akan memicu kenaikan harga, kemungkinan akan mengubah opini publik di seluruh dunia terhadap perbuatan Rusia.

"Meskipun militer Putin telah melakukan pemukulan, kartu besarnya yang mungkin untuk dimainkan adalah seberapa baik Eropa bersatu selama musim dingin yang akan dibuat oleh Putin benar-benar sengsara bagi rakyat Eropa," kata Breedlove. 

"Saya pikir Putin berusaha mati-matian untuk bertahan di musim dingin karena harapan besarnya adalah untuk memisahkan rakyat Eropa dari kepemimpinan politik Eropa mereka," tambah dia, dikutip dari WDRB.

Baca Juga: Situasi Ukraina Terkini: Kiev Paksa Mundur Rusia hingga Perbatasan

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya