Ukraina Minta Rusia Serahkan PLTN Zaporizhzhia ke Badan Atom Dunia 

PLTN Zaporizhzhia adalah yang terbesar di Eropa

Cianjur, IDN Times - Rusia dan Ukraina saling tuduh terkait penembakan yang terjadi pada akhir pekan lalu di salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) terbesar di Eropa, yakni Zaporizhzhia.

Menurut pihak Rusia, penembakan Ukraina menyebabkan lonjakan listrik dan kebakaran sehingga, memaksa staf untuk menurunkan output dari dua reaktor.

Sementara pihak Ukraiana berbalik menyalahkan pasukan Rusia karena mereka  menyimpan senjata dan menanam bahan peledak di sana.

Dilansir Reuters, pasukan Rusia telah merebut wilayah selatan Ukraina yang termasuk PLTN Zaporizhzhia pada Maret lalu. Namun, ketika itu pasukan Rusia menyerang tanpa merusak reaktornya. Sekarang, dikarenakan daerah itu masuk dalam kawasan Kherson, maka akan menjadi sasaran serangan balasan dari Ukraina.

1. Penembakan terhadap PLTN Zaporizhzhia penuh dengan bahaya

Ukraina Minta Rusia Serahkan PLTN Zaporizhzhia ke Badan Atom Dunia Ilustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Para ahli nuklir memperingatkan bahwa penembakan terhadap PLTN Zaporizhzhia penuh dengan bahaya. Pada Senin (8/8/2022), Kremlin mengklaim bahwa Kiev menyerang PLTN.

"Penembakan wilayah PLTN oleh angkatan bersenjata Ukraina sangat berbahaya. Ini penuh dengan konsekuensi bencana untuk wilayah yang luas di seluruh Eropa," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, dikutip dari Sacbee

Mendengar hal tersebut, juru bicara intelejen militer Ukraina, Andriy Yusov, balik mengatakan bahwa pasukan Rusia telah menanam bahan peledak di PLTN untuk menghadang serangan balasan dari Ukraina di wilayah tersebut.

Sebelumnya, pejabat Ukraina juga mengatakan bahwa Rusia meluncurkan serangan dari PLTN dan menggunakan para pekerja Ukraina di sana sebagai perisai manusia.

Baca Juga: Rusia Serang PLTN Zaporizhzhia, Ukraina: Jika Meledak, Eropa Musnah!

2. Ukraina meminta demilitersasi oleh Badan Energi Atom Internasional

Ukraina Minta Rusia Serahkan PLTN Zaporizhzhia ke Badan Atom Dunia ilustrasi bendera ukraina (pexels.com/Mathias Reding)

Juru bicara intelejen Ukraina, Andriy Yusov, menagih niat baik dari Rusia untuk menyerahkan kendali PLTN kepada Komisi Internasional dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA), jika memang tidak ingin menyerahkannya kepada militer Ukraina.

Ombudsman Ukraina, Dmytro Lubinets, juga mendesak agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), IAEA, dan masyarakat internasional mengirim delegasi untuk demiliterisasi wilayah PLTN Zaporizhzhia, serta memberikan jaminan keamanan kepada karyawan Ukraina di sana.

Direktur Jendral IAEA, Rafael Grossi, mengatakan kepada The Associated Press pada pekan lalu bahwa situasi di sekitar PLTN Zaporizhzhia benar-benar di luar kendali.

Dia juga mengeluarkan sebuah permohonan yang mendesak Rusia dan Ukraiana untuk mengizinkan para ahli nuklir ke sana, guna menstabilkan situasi dan menghindari kecelakaan nuklir

3. Menembaki PLTN sama dengan bunuh diri

Ukraina Minta Rusia Serahkan PLTN Zaporizhzhia ke Badan Atom Dunia Ilustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Sekjen PBB, Antonio Guterres, sempat mengatakan bahwa serangan terhadap PLTN adalah aksi bunuh diri. Pernyataan itu disampaikan ketika ia menghadiri Upacara Peringatan Perdamaian Hiroshima pada Sabtu, untuk memperingati 77 tahun ledakan bom atom pertama di dunia.

Bencana nuklir sipil terburuk di dunia juga pernah terjadi pada 1986, ketika sebuah reaktor di kompleks Chornobyl di barat laut Ukraiana meledak. Setelah invasi Rusia pada 24 Februari, mereka berhasil menduduki situs tersebut namun Rusia telah mundur kembali pada akhir Maret.

Baca Juga: Serangan ke Pembangkit Listrik Nuklir, Ukraina-Rusia Saling Tuduh

Taufik Hidayah Photo Verified Writer Taufik Hidayah

- Null :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya