Comscore Tracker

5 Fakta Tentang Laos, Negara Tetangga yang Tak Memiliki Akses Laut!

Kamu pernah berkunjung ke sana?

Laos merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Myanmar dan Tiongkok di sebelah barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di sebelah barat. Negara tetangga Indonesia ini memiliki keunikan tersendiri dari segi budaya dan kultur yang dimilikinya. Dibalik keunikan yang dimiliki negara satu ini, tahukah kamu fakta menarik tentang Laos?

Untuk kamu yang belum mengenal Laos secara umum, berikut lima fakta menarik tentang negara tetangga Indonesia ini.

1. Tak memiliki akses laut

5 Fakta Tentang Laos, Negara Tetangga yang Tak Memiliki Akses Laut!Potret negara Laos (theadventurousflashpacker.com)

Tak seperti bangsa lainnya di daratan Asia Tenggara, Laos pun seakan terkurung di tengah negara-negara yang mengelilinginya. Hal ini disebabkan karena Laos tak memiliki akses laut sama sekali yang membuatnya secara otomatis juga tidak memiliki destinasi pantai untuk dikunjungi. Meski begitu, namun Laos tetap memiliki berbagai destinasi menarik yang tentunya kaya akan budaya.

2. Mendapat julukan Negeri Seribu Gajah

5 Fakta Tentang Laos, Negara Tetangga yang Tak Memiliki Akses Laut!Ilustrasi gajah Asia (worldwildlife.org)

Laos sejak dahulu memang telah memiliki sebutan sebagai Negeri Seribu Gajah karena nama yang dimiliknya, yaitu Lan Xang. Nama lain dari Laos tersebut juga bermaksa sebagai kerajaan gajah sejak abad ke-14. Namun, sayangnya karena penebangan liar yang terjadi di negara tersebut, maka populasi gajah pun terus merosot setiap tahunnya. Bahkan, untuk sekarang diprediksi Laos hanya memiliki sekitar 1.000 ekor gajah saja.

3. Negara dengan tingkat konsumsi beras ketan tertinggi di dunia

5 Fakta Tentang Laos, Negara Tetangga yang Tak Memiliki Akses Laut!Ilustrasi olahan ketan (travellaosonline.com)

Setiap negara memang memiliki bahan pokok yang berbeda-beda untuk olahan yang mereka konsumsi sehari-hari. Jika Indonesia mengonsumsi beras sebagai makanan pokok, justru Laos menjadikan beras ketan sebagai olahan utamanya. Ini lah yang kemudian menjadikan Laos sebagai konsumen beras ketan tertinggi di dunia. Selain itu, masyarakat lokal Laos menganggap mereka sebagai luk khao niaow atau yang bermakna anak-anak ketan. Beras ketan yang digunakan juga diolah menjadi beragam menu lezat dengan rasa yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Fakta Laos, Satu-satunya Negara ASEAN yang Tidak Memiliki Laut

4. Dijuluki sebagai negara yang paling banyak dibom

5 Fakta Tentang Laos, Negara Tetangga yang Tak Memiliki Akses Laut!Ilustrasi bom (history.com)

Laos pun banyak mendapat julukan sebagai negara yang paling banyak dibom. Hal ini disebabkan karena selama sembilan tahun, yaitu terhitung sejak 1964 hingga 1974, Laos menjadi tempat dijatuhkan bom oleh Amerika Serikat sebanyak lebih dari 2 juta ton bom. Namun, uniknya justru 30 persen di antaranya tak meledak. Hal ini lah yang membuat banyak wilayah di Laos jadi tak bisa dijadikan lahan bertani karena dikhawatirkan bom tersebut sewaktu-waktu dapat meledak.

5. Bahasanya mirip dengan bahasa Thailand

5 Fakta Tentang Laos, Negara Tetangga yang Tak Memiliki Akses Laut!Ilustrasi perempuan Laos (blogs.adb.org)

Mungkin karena secara geografi, letak kedua negara ini saling berdekatan sehingga membuat bahasa yang dimiliki juga memiliki kemiripan satu sama lain. Meski hampir mirip, namun tak berarti serupa, ya. Antara Bahasa Laos dan Bahasa Thailand sama-sama memiliki penekanan pada nada ketika ingin menunjukan sebuah konteks yang akan dimaksud.

Nah, beberapa fakta menarik tentang Laos di atas semoga dapat menambahkan informasi agar dapat mengenal negara tetangga kita yang satu ini. Unik, ya!

Baca Juga: 6 Wisata Sejarah di Vientiane, Laos yang Sajikan Bangunan Unik

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya