500 Diaspora Muslim Indonesia Ikut Salat Idul Adha di Nankan, Taiwan

Mengobati rasa rindu kampung halaman

Jakarta, IDN Times – Umat muslim Indonesia di Taiwan turut menggelar salat Idul Adha, di tengah pandemik COVID-19 yang mulai mereda. Pada Minggu (10/7/2022), sekitar 500 warga negara Indonesia (WNI) yang merantau di Taiwan menggelar salat pada pukul 06.00 waktu setempat.

Adapun salat Idul Adha digelar di depan alun-alun SMA Nankan, Taoyuan.

Baca Juga: Jokowi Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Bareng Para Menteri

1. Penyelenggaraan salat Idul Adha didukung penuh oleh Pemerintah Kota Taoyuan

500 Diaspora Muslim Indonesia Ikut Salat Idul Adha di Nankan, TaiwanWNI di Taiwan melaksanakan salat Idul Adha (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ketua Dewan Pimpinan Luar Negeri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPLN PDIP) Taiwan, Tony Thamsir, mengatakan bahwa momen berkumpul untuk salat berjamaah ini adalah sesuatu yang sudah lama dinanti. Sebab, rutinitas itu sempat terhenti selama dua tahun akibat COVID-19 yang mulai merebak pada 2019.

Menurut Thamsir, perayaan itu menunjukkan kapasitas pemerintah Taiwan dalam mengendalikan penularan virus, sekaligus keterbukaan masyarakat setempat akan kehadiran masyarakat Indonesia di Taiwan yang mayoritas beragama Islam.

“Untuk itu, kegiatan penyelenggaraan salat juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Taoyuan setempat,” kata Thamsir.

2. Mendapat apresiasi dari pemerintah setempat

500 Diaspora Muslim Indonesia Ikut Salat Idul Adha di Nankan, TaiwanWNI di Taiwan melaksanakan salat Idul Adha (Dok. IDN Times/Istimewa)

Karena pandemik COVID-19 belum berakhir, maka persiapan penyelenggaraan kegiatan salat Idul Adha tahun ini tidak banyak. Meski sederhana, kata Thamsir, kegiatan ini dapat mengobati rasa rindu dan kangan terhadap kampung halaman.

Selain para pekerja migran Indonesia, tidak sedikit imigran baru asal Indonesia, yakni yang menikah dengan warga Taiwan, juga mengikuti salat bersama.

Beberapa pejabat Pemerintah Kota Taoyuan juga hadir memberikan ucapan selamat dan rasa terima kasih atas kontribusi besar, yang telah diberikan oleh masyarakat Indonesia kepada Taiwan.

3. Dapat merekatkan hubungan kedua negara

500 Diaspora Muslim Indonesia Ikut Salat Idul Adha di Nankan, TaiwanWNI di Taiwan melaksanakan salat Idul Adha (Dok. IDN Times/Istimewa)

Wakil Direktur Pusat Pelayanan Imigran Baru, Chang Yu-ting, menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran warga Indonesia di Taiwan. Selain menambah khazanah keragaman budaya di Taiwan, hubungan lintas budaya ini disebut dapat merekatkan hubungan Taiwan-Indonesia.

Salah satu pengusaha Indonesia, Fitri Warkop menyebut, aktivitas yang sederhana pun sebenarnya mampu mendorong kerukunan dalam kehidupan sosial masyarakat.

“Beberapa tahun terakhir ini, pihak Pemerintah Kota Taoyuan mendorong berbagai aktivitas pertukaran antara Taiwan dan Indonesia, dan menjadi sebuah kesempatan yang baik dalam mendorong hubungan kedua belah pihak, agar dapat hidup saling berdampingan dalam keragaman,” ujar Thamsir.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya