Ada Jarum dalam Stroberi-stroberi di Australia. Kok Bisa ya

Diduga ada oknum yang sengaja melakukan hal itu

Queensland, IDN Times - Asosiasi Petani Stroberi Queensland menduga mantan pekerjanya sebagai dalang di balik penemuan jarum jahit di dalam stroberi kemasan yang beredar di sejumlah toko. Karenanya, pihak asosiasi sudah memberikan sejumlah bukti terkait kepada Kepolisian Queensland.  

Paling tidak, sudah ada satu korban yang dilarikan ke rumah sakit karena menelan jarum jahit. Oleh sebab itu, kepolisian dan dinas kesehatan setempat menyarankan untuk membuang atau mengembalikan dua stroberi kemasan hasil olahan Berry Licious dan Berry Obsession. Adapun dua merk itu terjual di tiga negara bagian, Queensland, New South Wales, dan Victoria.  

1. Tidak semua stroberi "mengandung" jarum

Ada Jarum dalam Stroberi-stroberi di Australia. Kok Bisa yaPixabay

Petugas Pengembangan Industri Stroberi Australia, Jennifer Rowling, memastikan bahwa ini adalah insiden yang terisolasi. Artinya, tidak semua stroberi yang beredar di pasar di dalamnya terdapat jarum. Meski begitu, ia menyarankan supaya stroberi dibelah dua dahulu sebelum dimakan.  

"Ini cukup mengganggu mata pencaharian petani (stroberi) kami. Seseorang telah mengambil sesuatu yang benar-benar buruk," kata Rowling sebagaimana dikutip dari ABC, Kamis (13/9).  

Sementara, Kepala Petugas Kesehatan Queensland menyarankan supaya warga membuang dua merk stroberi di atas. "Jika mereka memiliki stroberi (dua merk di atas), akan lebih aman untuk membuangnya," kata Jeanette Young.  
 

2. Sudah ada tiga laporan soal jarum yang tertelan

Ada Jarum dalam Stroberi-stroberi di Australia. Kok Bisa yaIlustrasi jarum jahit (Pixabay)

Hingga saat ini, Young menyampaikan sudah ada tiga laporan soal penemuan jarum di dalam stroberi, satu di Queensland dan dua di Victoria. "Satu orang ini mengonsumsi stroberi yang terkontaminasi dan sedang mendapat perawatan saat ini," katanya.  

Kabar ini menjadi viral setelah seseorang mengunggah stroberi dengan jarum di laman Facebook-nya. Joshua Gane, pengguna Facebook, menuliskan bahwa salah satu temannya harus dirawat di rumah sakit karena menelan setengah jarum jahit.  

"Kami kemudian memeriksa stroberi lainnya dan menemukan jarum jahit bersarang di dalam salah satu stroberi. Kami sekarang di UGD karena teman kami mulai mengalami sakit perut," tulis dia.  

Baca Juga: Foto Stroberi Unik Ini Bikin Netizen Kesal, Ini Penyebabnya!

3. Polisi menduga ada unsur kesengajaan

Ada Jarum dalam Stroberi-stroberi di Australia. Kok Bisa yawarriortalknews.typepad.com

Kepala Inspektur Kepolisian Queensland, Terry Lawrence, menduga ada unsur kesengajaan dalam kasus  stroberi terkontaminasi jarum itu. Petugas juga sudah bekerja sama dengan sejumlah petani stroberi. 

"Polisi telah berbicara dengan orang yang mengoperasikan perkebunan dan mereka membantu kami," kata Lawrence. Hingga saat ini aparat keamanan tengah mencari pelaku di tiga negara bagian.  

Woolworths Supermarket, salah satu toko yang menjual stroberi dari dua pemasok di atas, akan menarik seluruh persediaan stroberi yang ada. Mereka berjanji akan mengambalikan uang hasil penjualan stroberi kepada para pembeli.  
 

Baca Juga: Protes Lagu Kebangsaan, Bocah 9 Tahun Ini Dihujat Politisi Australia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya