ASEAN Maritime Outlook, Upaya Jadikan Laut Asia Tenggara Lebih Damai

Inisiatif Indonesia saat menjadi Ketua ASEAN

Jakarta, IDN Times - Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri, Rolliansyah Soemirat, mengatakan bahwa peningkatan kerja sama maritim menjadi salah satu prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

“Indonesia menginisiasi pembentukan ASEAN Maritime Outlook (AMO) yang merupakan dokumen strategis dalam memperkuat sinergi kerja sama maritim di bawah ketiga Pilar ASEAN,” ujar Rolliansyah, di tengah persiapan menjelang KTT ke-43 ASEAN yang akan digelar pada Selasa-Kamis (5-7/9/2023) di Jakarta.

1. Jadi rujukan untuk kerja sama bidang maritim

ASEAN Maritime Outlook, Upaya Jadikan Laut Asia Tenggara Lebih DamaiIlustrasi Laut (IDN Times/Lia Hutasoit)

Rolliansyah menuturkan, ke depan AMO akan menjadi rujukan utama kerja sama maritim antarnegara ASEAN dengan mitra eksternal.

Potensi kerja sama maritim di Indo-Pasifik sangatlah besar dan bersifat multidimensional, baik secara strategis, politik, ekonomi dan sosial bagi masyarakatnya, katanya.

Baca Juga: Indonesia Ungkap Urgensi Genjot Investasi Antarnegara ASEAN

2. Lebih detail tentang AMO

ASEAN Maritime Outlook, Upaya Jadikan Laut Asia Tenggara Lebih DamaiASEAN Maritime Outlook (Dok. IDN Times/Istimewa)

Edisi pertama AMO, yang baru saja diluncurkan pada periode Keketuaan Indonesia, merangkum berbagai kemajuan kerja sama maritim di ASEAN secara komprehensif. Hal ini akan menjadi kompas bagi ASEAN dalam menentukan arah kerja sama maritim di masa depan.

AMO juga memberikan rekomendasi potensi kerja sama maritim yang dilakukan oleh badan-badan sektoral, mekanisme, dan proses ASEAN.

Publikasi ini berfungsi sebagai referensi praktis dalam memahami tren dan tantangan maritim di kawasan, memperkuat sinergi, dan memandu ASEAN untuk menghindari duplikasi upaya yang dilakukan antarmekanisme, badan, dan proses terkait.

Dengan teridentifikasinya berbagai perkembangan yang ada, AMO juga akan membuka kerja sama yang lebih luas dalam hubungan dengan mitra eksternal.

3. Mewujudkan ASEAN yang damai dan stabil

ASEAN Maritime Outlook, Upaya Jadikan Laut Asia Tenggara Lebih DamaiIlustrasi ASEAN Indonesia 2023 (IDN Times/Trio Hamdani)

Potensi kerja sama maritim juga semakin terbuka seiring berkembangnya isu-isu baru kemaritiman, seperti serangan siber terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan, ekonomi biru dan energi terbarukan.

AMO, yang diluncurkan setiap tiga tahunan, berfungsi sebagai referensi praktis bagi para pemimpin, menteri, badan sektoral, dan mitra ASEAN dalam memahami dan memajukan kerja sama maritim ASEAN.

Outlook ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap upaya pembangunan Komunitas ASEAN yang aman, stabil, dan sejahtera, serta semakin memperkuat hubungan ASEAN dengan mitra eksternal.

Baca Juga: Indonesia Siapkan Visi ASEAN 2045

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya