Dubes Muhammad Najib Serahkan Surat Kepercayaan ke UNWTO

RI minta agenda G20 didukung oleh UNWTO

Jakarta, IDN Times – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Spanyol, Muhammad Najib, telah menyerahkan surat kepercayaan sebagai Wakil Tetap (Watap) RI untuk United Nations World Tourism Organization (UNWTO) kepada Sekjen Zurab Pololikashvili di Kantor Pusat UNWTO, Madrid, Kamis (17/2/2022).

Dengan demikian, Dubes Najib telah sah menjabat sebagai Wakil Tetap RI untuk UNWTO.

Bunyi informasi yang dikutip dari laman kemlu.go.id. 

Baca Juga: Kemenlu RI Klarifikasi Surat PBB soal Penghilangan Paksa di Papua

1. Indonesia siap bekerja sama dengan UNWTO untuk menghidupkan pariwisata

Dubes Muhammad Najib Serahkan Surat Kepercayaan ke UNWTODubes RI untuk Spanyol, Muhammad Najib, menyerahkan surat kepercayaan sebagai Wakil Tetap (Watap) RI untuk United Nations World Tourism Organization (UNWTO) kepada Sekjen Zurab Pololikashvili (Dok. Kemlu)

Dalam pertemuan itu,  Najib menyampaikan kesiapan Indonesia untuk bekerja sama dengan UNWTO.

Secara mendetail, ada lima poin penting yang disampaikan Najib. Pertama, apresiasi terhadap kepercayaan UNWTO menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah World Tourism Day 2022. Zurab diharapkan dapat menghadiri langsung kegiatan tersebut, yang akan diselenggarakan di Bali pada 27 September 2022.

Acara yang akan dihadiri berbagai delegasi dari seluruh dunia ini diharapkan mampu menghidupkan kembali Bali sebagai destinasi wisata.

Kedua, Najib menyampaikan ucapan terimakasih atas ditetapkannya Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta, sebegai pemenang The Best Tourism Villages of 2021. Dengan keputusan ini, maka Yogyakarta akan memiliki tujuan wisata tambahan, yang akan menjadi daya tarik baru selain destinasi wisata yang sudah ada.

Baca Juga: Momen Indonesia Dipercaya Pimpin Sidang UNWTO untuk Asia-Pasifik

2. Indonesia minta UNWTO dukung agenda G20

Dubes Muhammad Najib Serahkan Surat Kepercayaan ke UNWTODubes RI untuk Spanyol, Muhammad Najib, menyerahkan surat kepercayaan sebagai Wakil Tetap (Watap) RI untuk United Nations World Tourism Organization (UNWTO) kepada Sekjen Zurab Pololikashvili (Dok. Kemlu)

Kemudian, Najib berharap UNWTO dapat berperan aktif terkait pembahasan isu pariwisata dalam forum G20 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Dengan keketuaan Indonesia pada G20, UNWTO juga diharapkan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dunia secara umum dan masyarakat Indonesia secara khusus, melalui upaya pemulihan industri pariwisata yang terpuruk akibat pandemik virus corona.

Keempat, sebagai Watap RI di UNWTO, Najib menegaskan kesiapan Indonesia dalam memajukan pariwisata sebagai salah satu penyumbang devisa utama di banyak negara.

3. UNWTO meminta dukungan Indonesia untuk menyukseskan berbagai acara

Dubes Muhammad Najib Serahkan Surat Kepercayaan ke UNWTOIlustrasi pariwisata (IDN Times/Arief Rahmat)

Terakhir, Najib mendukung inisiatif UNWTO untuk membuat protokol kesehatan yang berlaku umum di seluruh dunia, agar bisa menjadi rujukan bagi banyak negara sebagai strategi menghidupkan kembali dunia pariwisata.

Sekjen UNWTO menyampaikan penghargaan kepada Indonesia, atas kiprahnya dalam memajukan industri pariwisata Indonesia dan upayanya untuk menghidupkan kembali pariwisata di masa pandemik.

UNWTO juga meminta dukungan dan partisipasi generai muda Indonesia (12-16 tahun) untuk Youth Meeting on Tourism, yang akan dilaksanakan di Italia pada Juli mendatang. Indonesia juga diharapkan berpartisipasi aktif pada Joint Meeting Commission for East Asia and the Pacific dan Commission on South Asia yang akan diselenggarakan di Maladewa pada 5-7 Juli 2022.

Baca Juga: 7 Staf PBB Diusir, Sekjen PBB Minta Bukti dari Ethiopia

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya