Hotel Ambruk di Tiongkok, 17 Orang Meninggal

Proses evakuasi masih berjalan

Jakarta, IDN Times - Bangunan dua lantai yang merupakan hotel dan restoran ambruk di Provinsi Shanxi, Tiongkok Utara, Sabtu (29/8/2020). Otoritas lokal menyebut insiden tersebut terjadi pukul 09.40 waktu setempat di Linfen, Kabupaten Xiangfen, atau sekitar pukul 08.40 WIB.

1. Sekitar 43 orang sudah dievakuasi

Hotel Ambruk di Tiongkok, 17 Orang MeninggalHotel ambruk di Tiongkok (Tangkapan layar YouTube/CGTN)

Dilansir dari Chinadaily.com.cn, hingga pukul 17.00 waktu setempat, petugas berhasil mengevakuasi 43 orang, termasuk mereka yang ditemukan meninggal dan luka-luka.
 
Hingga berita ini dinaikkan, tim SAR masih menjalani proses evakuasi. Belum diketahui dengan pasti tersisa berapa orang yang tertimpa puing-puing bangunan.
 

Baca Juga: Tiongkok Ancam AS Warganya akan Boikot Apple bila WeChat Dilarang

2. Terkonfirmasi meninggal 17 orang

Hotel Ambruk di Tiongkok, 17 Orang MeninggalHotel ambruk di Tiongkok (Tangkapan layar YouTube/CGTN)

Sumber yang sama menuliskan bahwa 17 orang terkonfirmasi meninggal dunia. Tim evakuasi juga berusaha menyelamatkan empat orang yang sudah diketahui keberadaannya namun masih terjebak reruntuhan.

3. Belum diketahui dengan pasti apa penyebab keruntuhannya

Hotel Ambruk di Tiongkok, 17 Orang MeninggalHotel ambruk di Tiongkok (Tangkapan layar YouTube/CGTN)

Otoritas setempat masih menyelidiki penyebab ambruknya bangunan tersebut. Meski begitu, The Strait Times menuliskan bahwa kejadian semacam itu bukan hal baru di Tiongkok.

Konstruksi yang lemah akibat pembangunan yang terburu-buru dan pembangunan yang tidak sesuai perizinan awal sering menjadi penyebab ambruknya sejumlah bangunan.
 
Kejadian serupa pernah terjadi di Kota Quanzhou, Provinsi Fujian. Pada 7 Maret 2020, Hotel Xinjia yang diperuntukkan bagi pasien COVID-19 ambruk karena membangun bagian baru yang melebihi berat rancangan awal. Alhasil pemilik hotel tersebut harus menghadapi tuntutan hukum.
 

Baca Juga: Hotel Karantina Pasien Virus Corona di Tiongkok Ambruk, 6 Orang Tewas

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya