Comscore Tracker

Ini Cara dan Tahapan Buat Rekening di Kantor Pos Taiwan

Penting bagi kamu yang belajar di Taiwan nih!

Taipei, IDN Times – Taiwan merupakan salah satu negara yang menawarkan banyak beasiswa bagi pelajar asing. Tidak sedikit mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Taiwan. Selain karena kualitas pendidikannya yang bagus, biaya hidupnya juga murah.

Jika kamu menerima beasiswa dari pemerintah, umumnya kamu akan diminta untuk membuat rekening di Kantor Pos Taiwan.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara membuatnya, yuk baca artikel ini sampai habis!

Baca Juga: Mau ke Taiwan Jelang Liburan Natal dan Tahun Baru, Ini Prosedurnya!

1. Buat dulu ID Number atau ARC

Ini Cara dan Tahapan Buat Rekening di Kantor Pos TaiwanNational Immigration Agency Taipei City Service Center (IDN Times/Vanny El Rahman)

Langkah pertama adalah kamu akan diminta untuk membuat ID Number atau Alien Resident Certificate (ARC). Keduanya adalah penanda identitas kamu selama tinggal di Taiwan.

ID Number merupakan identitas bagi kamu yang datang ke Taiwan dengan visa visitor, yang tidak boleh lebih dari 180 hari. Sementara, ARC adalah identitas bagi kamu yang ingin studi di Taiwan, atau berencana tinggal lebih dari 180 hari.

Adapun cara membuatnya kamu hanya perlu datang ke National Immigration Agency Taipei City Service Center yang berlokasi di No. 15, Guangzhou St, Zhongzheng District, Taipei City, 100.

Di sana, kamu akan diminta untuk mengisi form kemudian antre. Pastikan kamu sudah mengambil nomor antrean dan memiliki fotocopy paspor. Jika kamu sudah memiliki nama China, boleh juga dituliskan di form tersebut, walaupun statusnya tidak wajib.

Setelah prosesnya selesai, kamu akan memperoleh ID Number atau ARC.

2. Ini prosesnya di kantor pos

Ini Cara dan Tahapan Buat Rekening di Kantor Pos TaiwanIlustrasi membuat rekening di Kantor Pos Taiwan (IDN Times/Vanny El Rahman)

Setelah itu, kamu bisa membuat rekening di kantor pos mana pun. Sebenarnya, ada juga kantor pos di lantai basement National Immigration Agency Taipei City Service Center. Tapi, lebih baik kamu membuatnya di cabang terdekat dari tempat studi.

Kenapa demikian? Selain karena menyediakan petugas yang menguasai bahasa Inggris, jika kamu tidak bisa bahasa Mandarin, syarat untuk membuat rekening kadang-kadang berbeda.

Pengalaman IDN Times, ada kantor pos yang meminta semacam stempel nama sebagai pengganti tanda tangan. Ada kantor yang meminta stempel nama dengan format kotak, ada juga yang memintanya dengan format memanjang, ada juga yang cukup dengan tanda tangan.

Sehingga, lebih baik kamu mendatangi kantor pos dahulu dan bertanya apa saja syarat-syaratnya. Nantinya, kamu akan diminta untuk mengisi form kemudian menunjukkan paspor, ID Number atau ARC, kartu mahasiswa, dan NPWP Indonesia.

Disarankan agar kamu membuat rekening dengan fungsi transaksi internasional, agar bisa menariknya jika sudah kembali ke Indonesia.

Sebab, ada beberapa jenis beasiswa yang dana studi bulan ini akan dikirim bulan depan. Artinya, bisa saja masa studi kamu tuntas bulan ini kemudian kembali ke Indonesia, tapi uang beasiswanya baru dikirim bulan depannya.

3. Bisa selesai dalam sehari

Ini Cara dan Tahapan Buat Rekening di Kantor Pos TaiwanIlustrasi antrean membuat ID Number atau ARC di Kantor Imigrasi Taiwan (IDN Times/Vanny El Rahman)

Proses pembuatannya tidak memerlukan waktu lama. Umumnya bisa selesai dalam sehari. Di kantor imigrasi, yang memerlukan waktu panjang hanya menunggu antrean. Saat nomor sudah dipanggil, paling lama prosesnya hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Begitu pula membuat rekening di kantor pos. Setelah mengisi dan menyerahkan dokumen, kita hanya tinggal menunggu kurang lebih 30 menit.

Namun, prosesnya bisa sedikit panjang jika bank mengharuskan kamu memiliki stempel nama sebagai pengganti tanda tangan. Kamu harus mencari toko pembuat stempel dulu, biasanya ada di sekitar kampus, dan proses pencetakannya sekitar 20-30 menit.

So, buat kamu yang lagi belajar di Taiwan, semangat ya!

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya