Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus, Warga Korut Gelisah 

Kesehatan Kim Jong Un selalu jadi isu serius di Korut

Jakarta, IDN Times - Warga Korea Utara dilaporkan khawatir dan gelisah dengan situasi terkini Kim Jong Un yang terlihat mengalami penurunan berat badan. Pernyataan itu disampaikan oleh seorang warga Pyongyang yang tidak ingin disebutkan namanya kepada media.

"Melihat Sekjen (Kim Jong Un) yang disegani tampak kurus sangat menghancurkan hati rakyat kami. Semua orang mengatakan bahwa air mata mereka menggenang,” kata lelaki itu dalam wawancara yang disiarkan televisi KRT, Jumat (25/6/2021), dikutip dari Channel News Asia.

1. Isu kesehatan mencuat setelah analis asing melihat pergelangan tangan kim lebih ramping

Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus, Warga Korut Gelisah ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Komentar publik yang jarang tentang kesehatan Kim muncul setelah analis asing, pada awal Juni, mencatat bahwa pemimpin berusia 37 tahun itu kehilangan banyak berat badan.

Melalui klip yang ditayangkan KRT, terlihat warga Pyongyang sedang menonton konser layar lebar di jalan yang dihadiri oleh Kim dan pejabat partai lainnya. Acara tersebut berlangsung setelah rapat pleno Partai Pekerja Korea.

Sayangnya, media asing seperti Reuters gagal melakukan verifikasi independen. Siaran KRT juga tidak memberi rincian penyebab Kim kehilangan berat badan.

Baca Juga: Kesehatan Kim Jong Un Dipertanyakan, Korut Siapkan Posisi Pengganti

2. Warga takut dengan ketidakpastian pasca kepemimpinan Kim Jong Un

Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus, Warga Korut Gelisah ANTARA FOTO/Yonhap via REUTERS

Spekulasi mengenai kesehatan Kim mencuat setelah dia tidak terlihat di hadapan publik selama hampir satu bulan. Laman daring yang berbasis di Seoul mencatat, arloji yang dikenakan oleh Kim diikat lebih erat karena pergelangan tangannya kini lebih ramping.  

Kesehatan Kim juga menjadi sorotan mata-mata dan media asing karena cengkeraman kekuasaannya atas Korea Utara. Di sisi lain, belum ada kepastian siapa sosok yang akan menggantikannya dan agenda apa yang akan diusungnya demi Korea Utara.

3. Kim Jong Un pernah dikabarkan meninggal dunia tahun lalu

Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus, Warga Korut Gelisah Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Isu kesehatan santer dikaitkan kepada Kim sejak dia melewatkan perayaan ulang tahun pendiri negeri Kim Il sung pada 15 April. Dia baru muncul kembali di depan umum pada awal Mei.

Tahun lalu, Kim juga pernah dikabarkan meninggal dunia setelah tidak tampil di hadapan publik selama beberapa minggu pada April 2020. Pada saat itu, operasi kardiovaskular Kim dikabarkan gagal sehingga dia harus dirawat dalam kondisi vegetatif sampai meninggal dunia.

Baca Juga: 8 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Traveling ke Korea Utara

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya