PBB Butuh Rp8,5 Triliun untuk Atasi Krisis Kemanusiaan Afghanistan

PBB sendiri krisis finansoal, tidak mampu bayar gaji pegawai

Jakarta, IDN Times - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggelar pertemuan pada Senin (13/9/2021) membahas tentang bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan. Pada pertemuan itu, PBB menyampaikan bahwa mereka membutuhkan sedikitnya 600 juta dolar AS (sekitar Rp8,5 triliun) untuk mencegah krisis kemanusiaan berlanjut di negara yang kini dikuasai Taliban.

Bahkan, sebelum Taliban menguasai Kabul pada pertengahan Agustus, setengah dari populasi Afghanistan atau sekitar 18 juta orang menggantungkan hidupnya pada bantuan kemanusiaan. Selain karena bencana kekeringan panjang, pandemik COVID-19 dan ketidakstabilan domestik pun memperburuk situasi kemanusiaan.

Baca Juga: PBB: Layanan Kemanusiaan di Afghanistan Mulai Kolaps

1. PBB juga sedang alami krisis finansial

PBB Butuh Rp8,5 Triliun untuk Atasi Krisis Kemanusiaan AfghanistanWikimedia.org/U.S. Mission Photo by Eric Bridiers

Pejabat PBB dan beberapa kelompok pegiat kemanusiaan memprediksi, jumlah orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan akan bertambah. Itu terjadi karena banyak negara donor memutus bantuan untuk Taliban, mengingat mereka meragukan komitmen kelompok tersebut terhadap hak asasi manusia.

Alhasil, aset keuangan Afghanistan di luar negeri yang senilai 10 milliar dolar AS (Rp142 triliun) tidak dapat digunakan.

Situasi ini diperburuk oleh krisis finansial yang sedang dialami PBB.

"Saat ini PBB bahkan tidak mampu membayar gaji karyawannya sendiri," kata Sekjen PBB Antonio Guterres pada Jumat (10/9/2021).

2. Konferensi Jenewa akan dihadiri pejabat dari berbagai negara

PBB Butuh Rp8,5 Triliun untuk Atasi Krisis Kemanusiaan Afghanistaninstagram.com/unitednations

Konferensi Jenewa, yang digelar Senin sore, akan dihadiri pejabat tinggi PBB, antara lain Kepala Komite Internasional Palang Merah Peter Maurer, serta puluhan perwakilan pemerintah berbagai negara, termasuk Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas dan Guterres.

Sekitar sepertiga dari target dana 606 juta dollar AS akan diupayakan terkumpul sehingga bisa digunakan oleh Program Pangan Dunia (WFP).

Baca Juga: Bank Dunia Setop Kucuran Bantuan ke Afghanistan yang Dikuasai Taliban

3. Survei: 93 persen warga Afghanistan kekurangan makanan

PBB Butuh Rp8,5 Triliun untuk Atasi Krisis Kemanusiaan AfghanistanCuplikan suasana di wilayah yang dikuasai Taliban. twitter.com/pagossman

Berdasarkan hasil jajak pendapat PBB, sekitar 93 persen dari 1.600 warga Afghanistan yang disurvei pada Agustus-September mengaku tidak mengonsumsi makanan yang cukup. Sebagian besar karena mereka tidak memiliki akses ke uang tunai untuk membeli makanan.

"Sekarang kami berpacu dengan waktu dan salju untuk memberi bantuan penyelamatan jiwa kepada orang-orang Afghanistan yang paling membutuhkan. Kami benar-benar memohon dan meminjam dana untuk mencegah stok makanan kami habis," kata Wakil Direktur Regional WFP, Anthea Webb.

World Health Organization (WHO), yang juga menyerukan soal bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan. Adapun WHO saat ini sedang menopang ratusan fasilitas kesehatan yang terancam tutup.

Baca Juga: PBB: Layanan Kemanusiaan di Afghanistan Mulai Kolaps

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya