Peselancar di Australia Tewas Digigit Hiu

Sepanjang 2020, tercatat 7 serangan fatal hiu di Australia

Jakarta, IDN Times- Peselancar berusia 46 tahun asal Australia meninggal akibat digigit ikan hiu. Kejadian itu terjadi di Pantai Greenmount, Gold Coast, pada Selasa (8/9/2020).
 
Tim penyelamat mengatakan, mereka hendak membantu peselancar yang mengambang dengan kondisi telungkap. Sayangnya, mereka malah mendapati lelaki yang sudah tidak bernyawa.
 
“Paramedis menilai pasien itu mengalami luka parah dan sayangnya, lelaki itu meninggal karena luka-luka tersebut,” kata Juru Bicara Layanan Ambulans Queensland, sebagaimana dikutip dari The Straits Times.

Baca Juga: Australia Jatuh ke Jurang Resesi Setelah 3 Dekade

1. Ikan hiu menyerang kaki kiri korban

Peselancar di Australia Tewas Digigit HiuIlustrasi peselancar (Facebook.com/2019 SEA Games)

Sebagian saksi melihat bagian bawah kaki kiri korban sudah tidak lagi berbentuk. Mereka juga melihat bekas gigitan hiu yang cukup besar pada papan selancar korban.
 
Kepala penjaga pantai Gold Coast, Warren Young, mengutarakan bahwa korban tidak bisa diselamatkan sekalipun petugas medis sigap mengevakuasi peselancar.
 
“Dia mungkin sudah meninggal di dalam air,” kata Young sebagaimana dikutip dari The Guardian

2. Pantai tersebut sudah dilingkari jaring anti-hiu

Peselancar di Australia Tewas Digigit HiuIlustrasi pantai (Dok. IDN Times)

Kejadian ini menjadi serangan hiu pertama yang menyebabkan kematian di kawasan Gold Coast dalam beberapa dekade terakhir. Musibah tersebut tentu tidak diduga karena Pantai Greenmount telah diputari jaring anti-hiu dan tali drum.
 
“(Alat-alat itu) digunakan untuk menangkap ikan hiu supaya tidak menjadi ancaman bagi pengunjung pantai. Peralatan tersebut memang menurunkan risiko, tapi tidak menjamin tidak bisa ditembus oleh hiu atau manusia,” kata Departemen Perikanan sebagaimana dilansir The Guardian

3. Sudah ada 7 korban akibat serangan hiu di Australia sepanjang 2020

Peselancar di Australia Tewas Digigit Hiuprojectaware.org

Menteri Perikanan Queensland Mark Furner mengatakan, pihaknya sedang menginvestigasi perihal bagaimana hiu tersebut bisa berada di area berselancar.

Taronga Conservation Society Australia mencatat, kejadian ini sebagai serangan fatal ketujuh akibat gigitan ikan hiu.

Baca Juga: Demi Selamatkan Istri, Seorang Pria Di Australia Nekat Hajar Hiu Putih

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya