Putri Kerajaan Saudi Dibebaskan Usai 3 Tahun Dipenjara Tanpa Dakwaan

Putri Basmah dibebaskan bersama anaknya

Jakarta, IDN Times – Otoritas Arab Saudi membebaskan Putri Basmah binti Saud bin Abdulaziz Al Saud, beserta putrinya pada Sabtu (8/1/2022), setelah mereka dipenjara tiga tahun tanpa dakwaan. Basmah diketahui menghilang sejak Maret 2018 bersama putrinya yang sudah dewasa, Souhoud Al Sharif.

Basmah yang berusia 57 tahun merupakan seorang pengusaha, aktivis hak asasi manusia (HAM), serta anggota kerajaan.

"Kedua perempuan telah dibebaskan dari pemenjaraan sewenang-wenang dan sudah sampai di kediaman mereka di Jeddah pada Kamis 6 Januari 2022. Sang putri dalam keadaan baik,” kata pengacaranya, Henri Estramant, dikutip dari ANTARA.

1. Putri Basmah keluar dalam keadaan lelah tapi bersemangat

Putri Kerajaan Saudi Dibebaskan Usai 3 Tahun Dipenjara Tanpa DakwaanIlustrasi penjara (IDN Times/Mia Amalia)

Saat keluar dari penjara, Estramant mengatakan bahwa kliennya sangat lelah sekaligus bersemangat.

“Dia bersyukur karena bisa berkumpul bertatap muka dengan putra-putranya,” ujar Estramant.

Kantor media pemerintah Saudi belum memberi tanggapan. Pihak kerajaan juga tidak pernah secara terbuka mengeluarkan pernyataan seputar kasus tersebut.

Baca Juga: Ada Natal di Arab Saudi Tahun Ini

2. Basmah dikabarkan ditahan sejak 2019

Putri Kerajaan Saudi Dibebaskan Usai 3 Tahun Dipenjara Tanpa DakwaanIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti) Vanny El Rahman Verified

Kabar soal penahanan Basmah terungkap pada 2020, ketika dia melalui saluran media sosialnya mengatakan bahwa dia sudah ditahan selama lebih dari satu tahun dalam keadaan sakit di ibu kota Riyadh.

Basmah sebenarnya dijadwalkan pergi kel luar negeri untuk menjalani perawatan pada Februari 2019, tapi ia malah ditangkap. Setelah ditahan, ia diberi tahu bahwa ia dituduh berupaya memalsukan paspor.

Dakwaan terhadap Basmah kemudian dicabut, namun sang putri ditahan bersama putrinya yang saat itu berada bersamanya, kata kerabat dia.

Basmah sempat mengunggah ceritanya di media sosial ketika dia ditahan di penjara Al-Hair.

3. MBS dituduh kerap menahan anggota kerajaan

Putri Kerajaan Saudi Dibebaskan Usai 3 Tahun Dipenjara Tanpa DakwaanANTARA/Handout via REUTERS

Reuters tidak dapat memastikan kebenaran kondisi kesehatannya saat ia menghilang dan ditahan. Reuters juga belum bisa memastikan, apakah penahanan Basmah terkait dengan penahan yang dialami sejumlah anggota kerajaan dan warga terkemuka Saudi pada masa lalu.

Beberapa sumber mengatakan, penahanan terhadap orang-orang tersebut diduga bagian dari strategi Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk memperkuat kekuasaannya.

Dalam petisi yang disampaikan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa tertanggal 5 Maret 2020 dan dibaca Reuters, keluarga Bashmah menduga penahanan terhadap sang putri didasarkan atas peranannya sebagai kritikus atas pelanggaran HAM di Saudi.

“Juga karena mempertanyakan kekayaan yang dibekukan peninggalan ayahnya,” dikatakan dalam petisi itu.

Baca Juga: Diserang Houthi, Saudi Minta AS Pasok Rudal Pertahanan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya