Comscore Tracker

Yeay! Pulau Phuket Thailand Terbuka Bagi Turis yang Sudah Divaksinasi

Kebijakan ini akan berlaku sejak 1 Juli 2021

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Thailand menyetujui proposal yang diajukan sektor swasta dan kelompok bisnis untuk membuka pariwisata Pulau Phuket lebih awal. Pemerintah membebaskan persyaratan karantina bagi turis Pulau Phuket yang sudah divaksinasi mulai 1 Juli 2021.
 
Dilansir Bloomberg, Bangkok awalnya berencana untuk membuka kembali sektor pariwisata secara penuh pada Oktober 2021 nanti. Setelah menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak, Kementerian Pariwisata sepakat untuk membuka Pulau Phuket tiga bulan lebih awal, sebagai pilot project pariwisata pasca pandemik.  
 

Baca Juga: [VIRAL] Video Sekumpulan Hantu di Bandara Phuket Hebohkan Netizen

1. Menggalakkan vaksinasi di Pulau Phuket

Yeay! Pulau Phuket Thailand Terbuka Bagi Turis yang Sudah DivaksinasiIlustrasi vaksinasi COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Untuk menyukseskan rencana tersebut, panel ekonomi yang diketuai oleh Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, menyetujui rencana kelompok bisnis dan Kementerian Pariwisata untuk menginokulasi vaksin setidaknya 70 persen dari penduduk Phuket.
 
Presiden Asosiasi Wisata Pulau Phuket, Bhummikitti Ruktaengam, mengatakan penduduk pulau tersebut akan menjadi kelompok prioritas dalam kampanye vaksinasi nasional. Dibutuhkan lebih dari 930 ribu dosis vaksin untuk mencapai kekebalan komunitas di wilayah Phuket.

2. Thailand berpotensi meraup keuntungan hingga Rp18,7 triliun

Yeay! Pulau Phuket Thailand Terbuka Bagi Turis yang Sudah DivaksinasiIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)


Jika skema pariwisata pasca pandemik berhasil di Pulau Phuket, pemerintah akan segera membuka tempat lainnya, seperti resor Koh Samui. Namun, pembukaan kembali hanya bisa sukses bergantung pada diplomasi pemerintah terkait paspor vaksin dan negosiasi kebijakan bebas visa.
 
Untuk diketahui, sektor pariwisata berkontribusi hampir seperlima dari total pendapatan negara sebelum pandemik. Dengan membuka pariwisata lebih awal, Thailand diprediksi akan meraup keuntungan hingga US$1,3 miliar atau sekitar Rp18,7 triliun.
 
Dilansir dari ABC, Bank Sentral mengharapkan kedatangan tiga juta turis asing tahun ini. Pada 2020 lalu, sekitar 6,7 juta pelancong mendatangi Thailand dan hampir 40 juta orang pada 2019, memberi pemasukan kepada negara hampir US$80,9 miliar atau setara dengan Rp1.168 triliun. 

3. Dari Pulau Phuket bisa wisata ke seluruh Thailand

Yeay! Pulau Phuket Thailand Terbuka Bagi Turis yang Sudah DivaksinasiInstagram.com/travel_lifet

Menteri Pariwisata, Phiphat Ratchakitprakarn, menyampaikan jika selama sepekan para pelancong di Pulau Phuket tidak menunjukkan gejala terpapar COVID-19 dan hasil uji negatif, maka mereka dapat melakukan perjalanan ke seluruh wilayah Thailand.
 
Mulai bulan depan, Thailand juga mulai memberlakukan kewajiban karantina hanya satu minggu, tidak dua pekan, bagi pendatang yang sudah divaksinasi. Meskipun pembatasan ketat yang berlaku telah memicu penurunan kasus COVID-19, tetap saja wisatawan asing merasa belum aman untuk berlibur ke Thailand.
 
Pemerintah telah mendistribusikan sekitar 100 ribu dosis vaksin kepada para pekerja medis dan kelompok rentan. Pekan ini, pihak berwenang menyetujui vaksin Johnson & Johnson, menjadi yang ketiga disetujui setelah AstraZeneca dan Sinovac.
 
"Pemerintah harus mempercepat persetujuan merek tambahan dan mengimpor lebih banyak vaksin serta segera menyuntik lebih banyak orang," kata Presiden Asosiasi Hotel, Marisa Sukosol Nunbhakdi.
 

Baca Juga: Dulu Surga Wisata, Kini Phuket Jadi Hotspot COVID-19 di Thailand

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya