Anak Fidel Castro Meninggal Bunuh Diri, Seperti Ini Kisah Hidupnya

Ia putra tertua Fidel Castro...

Kuba, IDN Times - Putra tertua mendiang pemimpin revolusioner Kuba, Fidel Castro, dikabarkan bunuh diri pada hari Kamis (1/2/2018) waktu setempat.

Dilansir dari CNN, pria berusia 68 tahun sedang mengalami depresi beberapa bulan terakhir ini dan sedang menjalani rawat jalan atas penyakitnya tersebut. Ia sebelumnya menjalani rawat inap di rumah sakit negara itu.

Berikut beberapa fakta unik sang anak bernama Fidel Castro Diaz-Balart.

1. Anak tertua Fidel Castro

Anak Fidel Castro Meninggal Bunuh Diri, Seperti Ini Kisah Hidupnya4. twitter/@Democratic_Rep

Fidel Castro Diaz-Balart merupakan anak tertua Fidel Castro dari pernikahannya dengan anak seorang pemimpin revolusioner lainnya bernama Mirta Diaz-Balart.

Sang anak terlahir tahun 1949 sebelum Fidel Castro berhasil mengambil alih kekuasaan di negaranya. Setelah bercerai dengan Fidel Castro, sang ibu dan keluarga besarnya melarikan diri ke Amerika Serikat tahun 1954.

Setelah Fidel Castro berhasil tampil sebagai pemimpin Kuba, sang ibu mengirimkan anaknya kembali ke Kuba untuk menemui ayahnya, namun tidak pernah dikembalikan lagi ke ibunya. Fidel Castro pun dituduh menculik anaknya sendiri saat itu.

2. Belajar sebagai fisikawan nuklir

Anak Fidel Castro Meninggal Bunuh Diri, Seperti Ini Kisah Hidupnya4. twitter/@Democratic_Rep

Anak Fidel Castro ini diketahui belajar mengenai fisika nuklir di Uni Soviet dan sempat menjadi kepala program nuklir Kuba dari tahun 1980 sampai 1992 sebelum akhirnya program tersebut dihentikan karena jatuhnya komunisme di Uni Soviet, demikian dilansir dari BBC.

CNN melaporkan bahwa selain hal tersebut, dia juga bentrok dengan ayahnya yang membuatnya dipecat dari jabatannya. Selama belajar di Uni Soviet ini, Fidel Castro Díaz-Balart dikabarkan menyunting gadis Rusia sebagai istrinya.

3. Keluarga ibu kandungnya penentang rezim Fidel Castro

Anak Fidel Castro Meninggal Bunuh Diri, Seperti Ini Kisah Hidupnyatwitter/@KING5Seattle

Keluarga dari ibunya yaitu Diaz-Balart yang melarikan diri ke Miami, AS menyuarakan penentangan mereka atas rezim Fidel Castro dari Amerika Serikat.

Saudara sepupunya Mario Diaz-Balart merupakan anggota Kongres dari Partai Republik mewakili Florida dan sering menyuarakan kritik pedas kepada pemerintahan Kuba. Sementara satu saudara sepupu lainnya, Lincoln Diaz-Balart merupakan mantan anggota Kongres AS.

4. Pasca Fidel Castro tidak berkuasa

Anak Fidel Castro Meninggal Bunuh Diri, Seperti Ini Kisah Hidupnyatwitter/@CBSNews

Setelah pamannya Raul Castro berkuasa sebagai presiden Kuba tahun 2008, Fidel Castro Diaz-Balart ditunjuk menjadi penasihat ilmiah presiden dan wakil presiden Cuba's Academy of Sciences sampai ajalnya kemarin.

Upacara penguburannya akan dilaksanakan oleh keluarganya namun tidak ada detail lebih lanjut.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya