Aung San Suu Kyi Absen Dari KTT ASEAN Singapura Akhir Minggu ini

Takut terkena isu Muslim Rohingya?

Yangoon, IDN Times - Pemimpin tak resmi Myanmar, Aung San Suu Kyi dikabarkan tidak akan menghadiri KTT ASEAN, yang rencananya akan diselenggarakan akhir minggu ini di Singapura, demikian menurut juru bicara pemerintah negara tersebut hari Senin kemarin.

'Bolosnya' Aung San Suu Kyi akan menjadi pertama kalinya tidak menghadiri pertemuan tingkat tinggi pemimpin negara Asia Tenggara sejak berkuasa tahun 2016.

1. Posisi Aung San Suu Kyi akan digantikan oleh Presiden Win Myint

Aung San Suu Kyi Absen Dari KTT ASEAN Singapura Akhir Minggu initwitter.com/business

Sebagai gantinya Myanmar akan diwakili oleh Presiden Win Myint yang baru saja menjabat bulan lalu, demikian menurut juru bicara Presiden Myanmar, Zaw Htay sebagaimana dilansir dari South China Morning Post.

Sang juru bicara tidak menjelaskan alasan ketidakhadiran Aung San Suu Kyi yang menjabat sebagai penasihat negara, dan menteri luar negeri negara tersebut. Namun spekulasi yang beredar adalah disebabkan oleh kritik atas penanganan krisis pengungsi Rohingya.

2. Aung San Suu Kyi mendapatkan kritikan atas sikap diam dalam kasus Muslim Rohingya

Aung San Suu Kyi Absen Dari KTT ASEAN Singapura Akhir Minggu initwitter.com/Thai_News_JP

Aung San Suu Kyi mendapatkan tekanan atas isu tersebut ketika ambil bagian dalam pertemuan tingkat tinggi tiga hari, antara ASEAN dan Austalia di Sydney bulan lalu.

Pemimpin Myanmar peraih hadiah Nobel Perdamaian ini mendapatkan kritik dari masyarakat internasional, karena sikap diam yang diambilnya di tengah tindakan kekerasan militer Myanmar terhadap Muslim Rohingya.

3. Aung San Suu Kyi sempat mewakili Myanmar di dua KTT ASEAN sebelumnya

Aung San Suu Kyi Absen Dari KTT ASEAN Singapura Akhir Minggu initwitter.com/VNGovtPortal

Krisis ini telah memaksa setidaknya 700 ribu orang mengungsi ke negara tetangganya, Bangladesh sejak bulan Agustus tahun lalu.

Aung San Suu Kyi baru-baru ini mengunjungi Vietnam selama dua hari minggu lalu, dan tercatat sempat mewakili negaranya dalam dua KTT ASEAN sebelumnya di Filipina dan Laos.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya