Duta Besar Kanada Hapus Foto Pantai Myanmar Usai Ditekan Pemerintahnya

Padahal ia hanya unggah foto keindahan pantai Myanmar lho. Nih pemicu sebenarnya

Kanada, IDN Times - Setelah mendapatkan tekanan dari aktivis hak asasi manusia dan pemerintahnya, Duta Besar Kanada untuk Indonesia terpaksa menghapus kicauan dan foto tahun baru yang dijalaninya.

Sang Duta Besar Peter MacArthur diminta oleh pemerintahnya untuk menghapus foto liburan pribadi yang diunggahnya hari Senin (1/1/2018) pagi yang menggambarkan keindahan pantai Myanmar.

1. Gambarkan keindahan pantai Myanmar saat liburan tahun baru

Duta Besar Kanada Hapus Foto Pantai Myanmar Usai Ditekan Pemerintahnyatwitter/@DHamamdjian

Tiga foto yang diunggah di akun Twitter miliknya itu diambil saat mengunjungi istrinya yang juga adalah seorang Duta Besar untuk Myanmar.

Unggahan foto-foto ini berhasil direkam oleh seorang koresponden CTV yang tinggal di London bernama Daniele Hamamdjian. Ia kemudian mengajukan protes lewat akun Twitter miliknya, demikian dilansir dari Global News Kanada.

Bersama foto-foto tersebut dari akun Twitter miliknya tertulis kalimat yang kira-kira berbunyi merayakan tahun baru di pantai Myanmar, di mana menjadi tempat surfing yang hangat dan bersih, tempat sempurna untuk snorkelling guna mengunjungi alam dan ikan-ikan di lautan.

Foto ini yang sebenarnya ditujukan untuk menggambarkan keindahan alam negara tempat istrinya bertugas justru mendapatkan kritikan dari aktivis hak asasi manusia. 

2. Tidak sejalan dengan sikap pemerintah Kanada soal krisis Rohingya

Duta Besar Kanada Hapus Foto Pantai Myanmar Usai Ditekan Pemerintahnyatwitter/@DHamamdjian

Hal ini mengingat krisis pengungsi muslim Rohingya yang justru terpaksa menahan lapar di pantai-pantai negara itu atau berdesakan dalam kapal yang sesak guna melarikan diri dari serbuan tentara negara tersebut.

Selain mendapat serangan dari aktivis, pemerintah Kanada di Ottawa juga menyarankan agar sang duta besarnya menghapus kicauan tersebut, demikian dilansir dari The Telegraph.

Hal ini sejalan dengan sikap keras dari pemerintan Kanada yang mengecam keras krisis pengungsi yang melanda negara tersebut. Bahkan pemerintah Kanada sudah mengirimkan duta khusus Bob Rae untuk mendokumentasikan tantangan yang dihadapi di lapangan.

Dilansir dari Asian Correspondent, sang duta khusus bersama PM Kanada, Justin Trudeau melakukan pertemuan khusus dengan pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi sebelum pelaksanaan pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Da Nang, Vietnam bulan November tahun lalu.

3. Foto di akun Twitternya sudah menghilang

Duta Besar Kanada Hapus Foto Pantai Myanmar Usai Ditekan Pemerintahnyatwitter/@AmbMacArthur

Seorang juru bicara pemerintah Kanada bahkan menyatakan bahwa sudah terjadi pembersihan etnis dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Laporan duta khusus Bob Rae bahkan menyatakan tentara negara tersebut telah melakukan kekerasan seksual terhadap para wanita Rohingya dalam sebuah gerakan terencana guna meninggalkan trauma.

Selain itu Bob Rae juga mendesak agar komunitas internasional perlu turun tangan langsung menangani masalah ini dan perlunya langkah post-traumatic guna membantu mereka yang selamat menghadapi penderitaan mereka.

Saat berita ini diturunkan, foto-foto tersebut sudah hilang dari akun twitter milik sang duta besar yaitu @AmbMacArthur.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya