PM Selandia Baru Tak Tolak Klaim Negara Rasis Sutradara Thor Ragnarok

Yang penting usaha untuk menghilangkan praktik tersebut

Wellington, IDN TIMES - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengakui bahwa negaranya ‘tidak diragukan lagi’ ada negara rasis, namun mengaku bangga dengan usaha untuk menghilangkan masalah tersebut.

Pengakuan ini diberikan hari Selasa lalu menanggapi komentar dari sutradara Taika Waititi yang menyatakan bahwa negaranya merupakan sebuah negara ‘racist as****’.

1. Sutradara Taika Waititi ungkapkan pengalaman yang dialaminya

PM Selandia Baru Tak Tolak Klaim Negara Rasis Sutradara Thor Ragnaroktwitter.com/IndieWire/

Sang sutradara film Thor Ragnarok yang asli orang Maori menjabarkan prasangka yang dialaminya dalam wawancara dengan sebuah majalah Inggris, Dazed & Confused minggu lalu, demikian dilansir dari South China Morning Post.

Menurut Sang Sutradara meskipun negaranya merupakan tempat terbaik di planet ini, namun praktik rasisme masih terjadi. Di antaranya masih banyak orang yang menolak untuk melafalkan nama suku Maori dengan benar selain pemeriksaan latar belakang jika berhubungan dengan orang Polynesia. Kendala lainnya yang dihadapi ketika berusia muda adalah selalu ditanya apakah suka ‘ngelem’ hanya karena memiliki latar belakang suku Maori.

2. PM Selandia Baru tidak menolak klaim bahwa ada praktik rasisme di negaranya

PM Selandia Baru Tak Tolak Klaim Negara Rasis Sutradara Thor Ragnaroktwitter.com/jacindaardern/

Pernyataan ini menimbulkan perdebatan sengit di dalam negerinya, dimana banyak yang mendukung sang putra asli suku Maori ini namun banyak juga yang menyebutnya terlalu membesarkan masalah – dengan mengatakan bahwa rasisme di negara lain jauh lebih parah.

Sang PM wanita Selandia Baru ini menyatakan bahwa mungkin akan sulit menemukan sebuah negara yang tidak memiliki rasisme.

“Apakah Selandia Baru salah satu dari negara tersebut. Tidak diragukan lagi. Apakah terdapat rasisme di semua negara? Tidak diragukan lagi. Dapatkah kita berjalan lebih baik lagi? Ya. Saya sangat bangga dengan usaha yang kami lakukan setiap harinya untuk melangkah lebih baik,” tegasnya kepada sebuah stasiun televisi negara tersebut TV3, sebagaimana dilansir dari Strait Times.

3. Untuk redakan kegaduhan Taika Waititi sebut bukan kaum kulit putih saja yang rasis

PM Selandia Baru Tak Tolak Klaim Negara Rasis Sutradara Thor Ragnarokpixabay.com/OpenClipart-Vectors

Untuk meredakan kegaduhan akibat ucapannya ini, Taika Waititi pun menyatakan bahwa praktik rasisme bukan hanya terjadi dengan kaum kulit putih di negara tersebut, namun juga banyak terjadi di sukunya sendiri.

Melalui akun  Twitter miliknya dia pun berkicau” “YA terdapat banyak orang rasis suku Maori. Banyak juga ada di keluargaku. Ada dimana-mana. Itulah poin pentingnya.”

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya