Lahir Tahun 1905, Opa Jepang Ini Jadi Pria Tertua Dunia

Pengen sehat seperti kakek ini? Baca deh. Ada tipsnya lho

Ashoro, IDN Times - Seorang opa dari Jepang kini tercatat sebagai pria paling tua di dunia oleh Guinness World Records dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Ashoro, sebuah kota di utara Pulau Hokkaido hari Selasa (10/4/2018).

Kakek tua bernama Masazo Nonaka tercatat lahir tanggal 25 Juli 1905, yang berarti pada hari Selasa lalu berusia 112 tahun lewat 259 hari.

1. Masih aktif bergerak namun harus menggunakan kursi roda

Lahir Tahun 1905, Opa Jepang Ini Jadi Pria Tertua Duniatwitter/@GWR

Dilansir dari South China Morning Post, Masazo Nonaka tumbuh dalam sebuah keluarga besar dan melanjutkan usaha orang tuanya menjalankan usaha penginapan. Penginapan yang kini berusia 105 tahun ini kini dijalankan oleh cucunya yang bernama Yuko.

Menurut keluarganya, Masazo Nonaka masih bisa bergerak namun harus menggunakan kursi roda. Setiap hari setelah sarapan dia akan membawa koran dan sangat senang menonton acara pertandingan sumo dan drama samurai di TV.

2. Suka berendam air panas dan bebas dari stres

Lahir Tahun 1905, Opa Jepang Ini Jadi Pria Tertua Duniatwitter/@GWR

Namun acara favoritnya adalah berendam di mata air panas dan bersantai milik keluarganya sambil menikmati makanan favoritnya, yaitu cake.

Masazo Nonaka meyakini berendam dalam air panas dan memakan makanan yang manis menjadi rahasia panjang umurnya, namun anak perempuannya memiliki keyakinan lain.

Menurut anak perempuannya, rahasianya adalah karena sang ayah hidup dalam suasana yang tidak membawa stres. Jika dia tidak menginginkan sesuatu, dia akan memastikan bahwa semua orang mengetahui hal tersebut, demikian dilansir dari situs resmi Guinness World Records.

3. HIdup lebih lama dari 7 saudaranya, istri dan 2 dari 5 anaknya

Lahir Tahun 1905, Opa Jepang Ini Jadi Pria Tertua Duniatwitter/@GWR

Dengan usianya yang mencapai 112 tahun ini Masazo Nonaka hidup lebih lama daripada 7 orang saudaranya, istri dan dua dari lima anaknya.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Guinness World Records, Masazo Nonaka tampak gembira menerima plakat dari organisasi pencatat rekor dunia ini sambil mengenakan topi rajutan dan jaket bergaya kimono. Dia pun menikmati cake yang disuguhkan saat itu dengan lahapnya sambil mengungkapkan kata enak.

Dilansir dari RTE, Masazo Nonaka mengambil gelar sebagai pria tertua di dunia dari pria Spanyol Francisco Nunez Olivera yang meninggal bulan Februari lalu dalam usia 113 tahun.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya