'Spiderman Paris' Migran Muslim Akhirnya Magang di Damkar Paris

Setelah video aksi heroik panjat gedung selamatkan anak

Paris, IDN Times - Spiderman Paris akhirnya diterima bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran kota Paris, setelah diberikan status sebagai warga negara Prancis.

Setelah urusan imigrasinya selesai, pemuda asal Mali ini mengunjungi sebuah pusat pemadam kebakaran guna menandatangani kontrak kerja magang selama 10 bulan, dengan gaji yang mencapai Rp 9,7 juta.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sang pemuda migran asal Mali di Paris tiba-tiba menjadi buah bibir seluruh dunia usai berhasil menyelamatkan seorang anak berusia empat tahun, yang tergantung di balkon sebuah apartemen ibu kota Perancis, Sabtu (26/5/2018) kemarin.

1. Presiden Prancis undang Mamoudou Gassama ke Istana

'Spiderman Paris' Migran Muslim Akhirnya Magang di Damkar Paristwitter.com/EmmanuelMacron

Saat menyadari anak tersebut terancam nyawanya karena hanya bergantung di teralis balkon apartemen empat lantai di kawasan 18 Paris, Mamoudou Gassama segera memanjat apartemen tersebut tanpa alat pengaman. Sementara tetangga sebelah yang berusaha menyelamatkan anak tersebut tidak mampu mencapai anak tersebut.

Pemuda berusia 22 tahun ini memanjat selantai demi selantai apartemen tersebut, sebelum akhirnya berhasil memegang tangan anak yang sudah ketakutan tersebut, dan mengangkatnya ke balkon apartemennya.

Atas aksi heroiknya, Mamoudou Gassama mendapatkan penghormatan sebagai warga negara Prancis yang langsung disampaikan oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron saat menerima dirinya di istana kepresidenan Prancis hari Senin (28/5/2018) waktu setempat.

2. Wali Kota Paris juluki Mamoudou Gassama sebagai 'Spiderman'

'Spiderman Paris' Migran Muslim Akhirnya Magang di Damkar Paristwitter.com/AJEnglish

Selain itu atas aksi heroiknya ini, pemuda yang masuk ke Prancis secara ilegal akan ditawari pekerjaan sebagai petugas dinas pemadam kebakaran kota Paris, demikian dilansir dari Newsweek.

Wali Kota Paris, Anne Hidalgo juga memuji keberanian Mamoudou Gassama dan menyatakan sudah menel pon sang pemuda tersebut untuk mengucapkan terima kasih secara pribadi.

Sang Wali Kota bahkan memberi julukan 'Spiderman di 18' - mengacu kepada distrik di Paris di mana kejadian ini berlangsung. Tidak lupa menyatakan bahwa tindakannya bisa menjadi contoh untuk semua warga negara dan Kota Paris, akan mendukung dirinya menetap di Prancis.

3. Ayah sang anak asyik main Pokemon Go

'Spiderman Paris' Migran Muslim Akhirnya Magang di Damkar Paristwitter.com/GassamaMammoudo

Dilansir dari Telegraph UK, sebuah petisi online sudah diluncurkan oleh sebuah group sayap Kanan, SOS Racisme yang berisi:

Mamoudou Gassama menjadi pengingat yang berguna bagi kita bahwa orang tanpa surat resmi juga adalah manusia dengan... Keberanian luar biasa yang telah banyak mereka tunjukkan saat menghadapi perjalanan maut menuju Eropa - keberanian yang sering terus mereka tunjukan di sini.

Saat kejadian berlangsung, ibu sang anak dikabarkan tidak berada di tempat. Sementara sang ayah sedang berbelanja dan asyik bermain Pokemon Go. Ia bahkan dikenai tuduhan pasal pembiaran dengan ancaman hukuman 2 tahun pernjara.

Ayah sang anak sempat ditahan, namun kemudian dilepaskan menunggu sidang yang akan dilaksanakan bulan September mendatang.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya