Krisis Energi, Jepang Minta Warganya Matikan Listrik 3 Jam per Hari

Jepang sedang menghadapi gelombang panas

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Jepang mendesak orang-orang yang ada di Tokyo dan daerah sekitarnya untuk menggunakan lebih sedikit listrik. 

Pemberitahuan itu dikeluarkan untuk memperingatkan bahwa pasokan akan berkurang karena Jepang menghadapi gelombang panas.

1. Gelombang panas menghantam Jepang

Krisis Energi, Jepang Minta Warganya Matikan Listrik 3 Jam per HariIlustrasi gelombang panas (Pixabay)

Bulan Juni merupakan awal musim panas di negeri sakura, biasanya suhunya berada di bawah 30 derajat celcius. 

Namun, dikutip dari BBC, selama akhir pekan suhu di Tokyo naik di atas 35 derajat celcius. Sementara kota Isesaki, yang terletak di barat laut ibu kota Tokyo, mencapai rekor 40,2 derajat celcius. Angka tersebut merupakan angka tertinggi yang pernah tercatat di bulan Juni.

Pemerintah telah memperingatkan krisis listrik selama berminggu-minggu karena adanya peningkatan suhu. 

Warga harus mematikan lampu yang tidak perlu selama 3 jam, tetapi tetap menggunakan AC untuk menghindari sengatan panas. 

Baca Juga: Hadapi Cuaca Panas, Jepang Malah Imbau Warganya untuk Hemat Pakai AC

2. Pemerintah khawatir terkait pasokan listrik jika suhu terus naik

Krisis Energi, Jepang Minta Warganya Matikan Listrik 3 Jam per Harinippon.com

Dikutip dari Independent, Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang mengatakan, kapasitas pembangkit listrik diharapkan turun menjadi 3,7 persen pada Senin sore di Tokyo dan delapan prefektur sekitarnya. Hal ini diperlukan untuk catu daya yang stabil.

Meskipun penyedia listrik berfungsi untuk meningkatkan pasokan, kementerian mengatakan situasinya tidak dapat diprediksi karena suhu naik. 

"Jika suhu naik lebih tinggi dan ada peningkatan permintaan atau terjadi masalah dalam pasokan, margin cadangan akan turun di bawah 3 persen," kata kementerian tersebut.

3. Krisis listrik sudah lama dialami Jepang

Krisis Energi, Jepang Minta Warganya Matikan Listrik 3 Jam per HariSuasana kota Tokyo, Jepang (IDN Times/Anata)

Pasokan listrik Jepang mulai mengalami pengetatan sejak gempa bumi yang terjadi di wilayah timur laut pada bulan Maret. Akibatnya, beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir menangguhkan operasinya.

Pemerintah juga telah menutup beberapa pabrik bahan bakar fosil yang sudah tua, dengan tujuan mengurangi emisi karbondioksida.

Adanya masalah ini ditambah dengan lonjakan permintaan listrik, yang mengakibatkan krisis listrik terjadi di Jepang. Kondisinya diperburuk imbas sanksi Jepang yang menentang invasi Rusia di Ukraina. 

Baca Juga: Pengadilan Jepang Sebut Pernikahan Sesama Jenis Melanggar Konstitusi

Fauzia Assilmy Photo Writer Fauzia Assilmy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya