Comscore Tracker

Chadchart Sittipunt Menangi Pilgub Bangkok Pertama Sejak 2013

Chadchart berhasil meraih perolehan suara sebanyak 1,3 juta 

Jakarta, IDN Times - Mantan menteri transportasi Thailand, yang jatuh dalam kudeta militer 2014, Chadchart Sittipunt berhasil memenangkan pemilihan gubernur Bangkok, Minggu (22/5/2022). Pemilihan itu merupakan yang pertama sejak sembilan tahun terakhir.

Kandidat independen itu berhasil meraih 1,3 juta suara. Sementara saingan terdekatnya hanya meraih sekitar 250 ribu suara, menurut hasil tidak resmi yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan, dilansir Reuters.

1. Diduga popularitas PM mulai menurun 

Chadchart Sittipunt Menangi Pilgub Bangkok Pertama Sejak 2013PM Prayuth Chan Ocha (Twitter.com/prayutofficial)

Ibu Kota Thailand tersebut adalah satu-satunya provinsi di negara itu yang memilih gubernurnya sendiri setiap empat tahun sejak 1985. Namun proses itu dihentikan ketika mantan pemimpin junta militer, yang kini menjabat Perdana Menteri (PM), Prayuth Chan Ocha, berkuasa pada kudeta 2014.

Bangkok dilaporkan terakhir kali mengadakan pemilihan gubernur sejak 2013. Menurut beberapa pengamat, diadakannya kembali pemilihan gubernur merupakan pertanda memudarnya popularitas PM Prayuth.

"Kemenangan telak Chadchart adalah dakwaan terhadap semua yang telah terjadi sejak kudeta militer Mei 2014. Ini adalah suara protes terhadap salah urus dan ketidakmampuan rezim militer sejak itu," kata Thitinan Pongsudhirak, analis politik di Universitas Chulalongkorn.

Baca Juga: 9 Fakta Pakistan, Negara Bersejarah Ribuan Abad yang Langganan Kudeta

2. Berjanji membawa Bangkok maju 

Chadchart Sittipunt Menangi Pilgub Bangkok Pertama Sejak 2013Chadchart Sittipunt, gubernur terpilih Bangkok (Twitter/Thai Enquirer)

Sementara itu, Chadchart, yang merupakan salah satu kandidat perdana menteri dari oposisi Partai Pheu Thai dalam pemilihan 2019, mengatakan kemenangannya pada Minggu menunjukkan kekuatan proses demokrasi.

Dia juga berjanji untuk meredakan perbedaan politik saat ia mengambil alih jabatan tertinggi di kota itu.

"Saya siap menjadi gubernur untuk semua orang. Kita harus menghentikan perpecahan dan bersatu untuk membawa Bangkok maju," katanya.

3. Penantang sudah mengaku kalah 

Chadchart Sittipunt Menangi Pilgub Bangkok Pertama Sejak 2013Chadchart Sittipunt dalam pemilihan gubernur Bangkok (Twitter/Thai Enquirer)

Dilansir Bangkok Post, kandidat penantang dari Partai Demokrat, Suchatvee Suwansawat, mengaku kalah pada Minggu, meski hasil resmi belum diumumkan. Ia menelpon Chadchart dan memberikan ucapan selamat kepadanya.

Chadchart juga belum sepenuhnya mengklaim dirinya menang. Kendati demikian, ia mengaku puas dengan hasilnya dan mengatakan itu adalah hari yang spesial.

"Hari ini adalah hari yang berarti bagi saya," katanya kepada para pendukung.

Baca Juga: Ini Alasan Bangkok Ubah Nama Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya