Koalisi Pimpinan AS Klaim Pemimpin Senior ISIS Ditangkap di Suriah

Pelaku diduga merupakan ahli pembuat bom

Jakarta, IDN Times - Koalisi pimpinan AS mengatakan telah menangkap seorang pemimpin senior kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah. Penangkapan itu terjadi saat dilakukannya serangan pada Kamis (16/6/2022) pagi, waktu setempat.

ISIS sebelumnya pernah menguasai hampir semua wilayah Irak dan Suriah. Sejak kekalahannya pada 2019 lalu, mereka kerap melakukan berbagai serangan perlawanan, dilansir Al Jazeera.

Baca Juga: 10 Cabang ISIS di Berbagai Belahan Dunia Selain ISIS-K 

1. Terduga ahli pembuat bom 

Koalisi Pimpinan AS Klaim Pemimpin Senior ISIS Ditangkap di SuriahIlustrasi Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Reuters melaporkan, orang yang ditangkap pada Kamis tersebut, merupakan pembuat bom yang ahli dan berpengalaman. Ia merupakan salah satu pemimpin tertinggi kelompok ISIS di wilayah itu.

Tidak ada informasi lebih rinci yang diberikan terkait di mana serangan tersebut dilaksanakan. Selain itu, tidak ada warga sipil yang terluka selama operasi, serta tidak ada pesawat yang rusak.

Baca Juga: Pemimpin ISIS di Mali Berhasil Ditangkap Prancis

2. Serangan sebelumnya dilakukan di Humaira 

Koalisi Pimpinan AS Klaim Pemimpin Senior ISIS Ditangkap di SuriahPasukan AS di Suriah dengan koalisinya, SDF, untuk melawan ISIS. (twitter.com/Coordination and Military Ops Center - SDF)

Sebelumnya, juru bicara kelompok oposisi Suriah yang didiukung Turki yakni Tentara Nasional Suriah (SNA), Mayor Youssef Hamoud, mengatakan bahwa koalisi AS telah melakukan serangan helikopter di desa Al-Humaira di selatan perbatasan Turki. Operasi tersebut merupakan yang pertama di wilayah itu.

“Helikopter Chinook dan Black Hawk buatan AS terlibat, tetapi keadaan pastinya tidak jelas pada saat itu. Ini adalah operasi pendaratan helikopter (AS) pertama yang terjadi di daerah-daerah di bawah kendali SNA,” kata Hamoud.

Sebuah sumber yang berhubungan dengan pemberontak di daerah itu mengatakan kepada Reuters bahwa pertempuran pecah selama operasi tersebut.

Baca Juga: Polisi Temukan Dokumen NII hingga ISIS di Kantor Khalifatul Muslimin 

3. Pemimpin tertinggi ISIS terbunuh pada Februari lalu 

Koalisi Pimpinan AS Klaim Pemimpin Senior ISIS Ditangkap di SuriahIlustrasi Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Pasukan khusus AS pada bulan Februari melakukan serangan helikopter di provinsi Idlib Suriah yang dikendalikan oleh Hay'et Tahrir al-Sham (HTS) yang menyebabkan kematian pemimpin ISIS, Abu Ibrahim al-Hashemi al-Quraishi .

Quraishi telah memimpin kelompok itu sejak kematian pendirinya Abu Bakr al-Baghdadi, yang terbunuh pada 2019.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya