Milisi Suriah-AS Menculik Pemuda di Barat Hasaka, Suriah

Mereka diculik lalu dipaksa bertarung

Jakarta, IDN Times – Milisi Pasukan Suriah Demokratis (SDF) yang dibantu Amerika Serikat (AS) kembali melancarkan sejumlah aksi penculikan terhadap warga sipil. Penculikan yang baru-baru ini terjadi di sebelah barat Hasaka dan pertama kali dilaporkan oleh kantor berita Suriah, SANA, Rabu (15/12/2021).

SDF merupakan koalisi Suriah-Kurdi, Arab, dan AS yang telah dibentuk selama perang saudara Suriah tepatnya pada 2015. Milisi ini berjuang untuk menciptakan Suriah yang sekuler, demokratis, dan federal dimana lawan-lawan utamanya adalah milisi Islam seperti ISIS dan Al Qaeda yang akhir-akhir ini kembali melancarkan sejumlah serangan.

1. Diculik lalu dipaksa bertarung 

Milisi Suriah-AS Menculik Pemuda di Barat Hasaka, SuriahPasukan SDF ketika berpatroli dan bertemu warga sipil di Timur Suriah, Desa Deis Az Zor. (twitter.com/Coordination and Military Ops Center - SDF)

Penculikan terjadi ketika SDF menghentikan sebuah bus di pintu masuk sebelah barat Hasaka, wilayah Al-Musheirfeh. Mereka membawa sejumlah pemuda ke kamp untuk kemudian dipaksa bertarung dengan mereka.

Informan lokal mengatakan kepada SANA bahwa pemuda itu dibawa ke kamp yang disebut sebagai kamp pertahanan diri. Informan tersebut juga menambahkan bahwa di antara yang jadi korban, terdapat seorang pemuda berkebutuhan khusus yang membutuhkan perawatan fisik dan psikologis.

2. Operasi pada Senin tewaskan 3 orang 

Milisi Suriah-AS Menculik Pemuda di Barat Hasaka, SuriahPasukan SDF di Suriah. (twitter.com/Farhad Shami)

Dilansir Al Jazeera, operasi yang dilancarkan SDF telah dilakukan sejak Senin pagi dimana pasukan AS menculik beberapa warga sipil dan membawa mereka ke tujuan yang tidak diketahui. Dalam serangan itu, pasukan AS disebut menyerang secara membabi buta dan menewaskan setidaknya 3 orang.

Sementara itu, Badan Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah mengatakan setidaknya empat orang tewas dalam serangan tersebut. Korban tewas adalah anggota keluarga yang sama, termasuk dua orang yang ditembak oleh helikopter ketika mereka mencoba melarikan diri dengan sepeda motor.

Baca Juga: Operasi Besar, Pasukan AS di Suriah Bantu Hadapi ISIS

3. Dinamika kawasan di Suriah 

Milisi Suriah-AS Menculik Pemuda di Barat Hasaka, Suriah-

Sejak 2015, AS telah membentuk koalisi di wilayah timur Suriah untuk memerangi pasukan teroris ISIS. Pos-pos utama ISIS berhasil direbut dengan bantuan AS pada Maret 2019.

Sementara itu, Damaskus memandang bahwa kehadiran AS di wilayah tersebut merupakan pendudukan yang ilegal. Pemerintah Suriah melihat AS bertindak disertai dengan perampasan sumber daya alam milik rakyat Suriah.

Baca Juga: Suriah Jadi Tuan Rumah Konferensi Energi Arab 2024

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya