Terpilih Lagi Jadi Presiden Turki, Erdogan Banjir Ucapan Selamat

Erdogan menang telak atas oposisi Kemal Kilicdaroglu 

Jakarta, IDN Times - Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai presiden Turki dalam pemilihan putaran kedua. Hal itu diungkapkan oleh ketua Dewan Pemilihan Tertinggi (YSK) negara itu pada Minggu (29/5/2023).

Berbicara kepada wartawan di Ankara, ketua YSK Ahmet Yener mengatakan bahwa Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turki atas penantang oposisi Kemal Kilicdaroglu.

“Erdogan menang dengan 52,14 persen suara sementara Kilicdaroglu mendapat 47,86 persen suara,” lapor Anadolu Agency. Sejauh ini, 99,43 persen kotak suara telah dibuka, tambahnya.

1. Kemenangan telak 

Terpilih Lagi Jadi Presiden Turki, Erdogan Banjir Ucapan SelamatIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam pidatonya di Istanbul pada Minggu malam, Presiden Erdogan mengatakan 85 juta warga Turki adalah pemenang dalam pemilihan nasional yang berakhir kemarin.

Lebih dari 64,1 juta orang terdaftar untuk memilih, termasuk lebih dari 1,92 juta yang sebelumnya memberikan suara mereka di tempat pemungutan suara di luar negeri. Hampir 192 ribu kotak suara disiapkan untuk pemilih di seluruh Turki.

Pada 14 Mei, tidak ada kandidat yang memenangkan 50 persen suara yang disyaratkan di putaran pertama. Hal ini memicu putaran kedua pada Minggu, meskipun Erdogan memimpin dengan 49,52 persen.​​​​​​​

Pada hari itu, Aliansi Rakyat Erdogan juga memenangkan mayoritas suara di parlemen.

Baca Juga: Recep Tayyip Erdogan Resmi Menangkan Pemilihan Presiden Turki 2023

2. Pawai kemenangan 

Terpilih Lagi Jadi Presiden Turki, Erdogan Banjir Ucapan SelamatBendera Turki (Pixabay/Sevgi001461)

Di Jerman, yang merupakan rumah bagi diaspora Turki terbesar di dunia, ratusan orang Turki turun ke jalan pada Minggu malam untuk merayakan kemenangan pemilu Presiden Erdogan.

Di ibu kota Berlin, pendukung Partai AK merayakan di lingkungan berpenduduk Turki, seperti Kruezberg, dengan menyanyikan lagu dan mengibarkan bendera dan spanduk.

Di Kurfurstendamm, salah satu jalan paling terkenal di Berlin, para pendukung Erdogan melakukan konvoi mobil, meneriakkan slogan dan membunyikan klakson mobil mereka. Perayaan juga berlangsung di kota-kota lain, termasuk Cologne dan Frankfurt.

Baca Juga: Pemilu Turki Lanjut ke Putaran Kedua 

3. Banjir ucapan selamat  

Terpilih Lagi Jadi Presiden Turki, Erdogan Banjir Ucapan SelamatPresiden Rusia, Vladimir Putin (twitter.com/President of Russia)

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu turut mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya dalam pemilihan presiden kali ini.

Putin mengatakan dia menghargai kontribusi Erdogan dalam memperkuat hubungan persahabatan antara Moskow dan Ankara, dan menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan dialog konstruktif dalam agenda bilateral, regional, dan internasional.

"Kemenangan dalam pemilu adalah hasil alami dari kerja tanpa pamrih Anda sebagai kepala Republik Turki, bukti nyata dukungan rakyat Turki atas upaya Anda untuk memperkuat kedaulatan negara dan mengejar kebijakan luar negeri yang mandiri dan mandiri," kata Putin.

Bukan hanya Rusia, Presiden Israel Isaac Herzog pada Minggu malam juga mengucapkan selamat kepada Erdogan.

"Saya mengucapkan selamat kepada Presiden @RTErdogan atas kemenangannya dalam pemilu. Kami akan melanjutkan hubungan baik yang sudah ada antara Türkiye dan Israel sambil terus bekerja sama,” kata Herzog melalui Twitter.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan juga memberikan ucapan selamat kepada Erdogan dengan berharap peningkatan kerja sama di kedua pihak.

“Selamat kepada Presiden @RTErdogan atas terpilihnya kembali. Menantikan untuk terus bekerja sama menuju normalisasi penuh hubungan antara negara kita,” kata Pashinyan di Twitter.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya