Comscore Tracker

12 Agustus Hari Remaja Internasional: Ini Sejarah dan Tujuannya

Remaja pelita bangsa

Jakarta, IDN Times - Hari Remaja Internasional atau International Youth Day diperingati tanggal 12 Agustus setiap tahunnya. Peringatan ini berawal dari hasil World Conference of Ministers Responsible for Youth pada 1998.

Momen ini merupakan apresiasi terhadap peran remaja dalam kehidupan bermasyarakat. Remaja merupakan pelita bangsa yang dapat mendukung upaya global dalam menangani berbagai masalah yang ada.

Hari Remaja Internasional juga menjadi momen penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi dan merenungkan permasalahan yang dihadapi oleh para remaja. Berikut ini sejarah, tujuan, dan cara merayakannya.

1. Sejarah Hari Remaja Internasional

12 Agustus Hari Remaja Internasional: Ini Sejarah dan Tujuannyailustrasi remaja (Pexels.com/Anna Shvets)

Dilansir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Hari Remaja Internasional merupakan hasil rekomendasi World Conference of Ministers Responsible for Youth yang diadakan di Lisbon pada 8-12 Agustus 1998. Majelis Umum PBB mengesahkan 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional dalam resolusi 54/120 Tahun 1999.

Selanjutnya, Majelis Umum PBB mempromosikan Program Aksi Dunia untuk Pemuda yang diadopsi oleh resolusi 50/181. Program ini berisi tentang kegiatan informasi publik untuk dilaksanakan demi mendukung Hari Remaja Internasional.

Dalam Resolusi Dewan Keamanan 2250 tentang Pemuda, Perdamaian, dan Keamanan, dijelaskan bahwa adanya kebutuhan untuk melibatkan para remaja dalam mengatasi permasalahan remaja. Remaja berperan untuk mempromosikan perdamaian, melawan ekstremisme, dan sebagai mitra penting untuk menemukan solusi dari berbagai permasalahan para remaja saat ini.

2. Tujuan Hari Remaja Internasional

12 Agustus Hari Remaja Internasional: Ini Sejarah dan Tujuannyailustrasi remaja (Pexels.com/Pixabay)

Visi misi Hari Remaja Internasional adalah untuk menjelaskan kebutuhan memungkinkan keterlibatan remaja dalam membuat institusi lokal, nasional, dan global. Tujuannya agar remaja dapat lebih aktif untuk berperan dalam aksi global.

Dalam hal ini, remaja bisa berkontribusi terhadap kebijakan agar lebih baik dan memulihkan kepercayaan kepada publik. Tema-tema tahunan yang diadakan PBB juga sesuai dengan Agenda 2030 PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan yang memiliki 17 tujuan dan 169 target sebagai rencana aksi global.

3. Cara memperingati Hari Remaja Internasional

12 Agustus Hari Remaja Internasional: Ini Sejarah dan Tujuannyailustrasi remaja (Pexels.com/cottonbro)

Setiap tahunnya, PBB mengangkat tema-tema yang menyoroti keterlibatan remaja dalam tingkat nasional, hingga global. Tema ini digunakan untuk meningkatkan partisipasi remaja dalam kelembagaan formal.

Ada banyak cara untuk memperingati Hari Remaja Internasional, yakni melakukan kegiatan seru bersama teman-teman, mendengar acara radio pendidikan, konser virtual, atau melakukan pertemuan dan juga debat publik bersama para ahli.

Baca Juga: Profil Arif Dwi Pangestu, Remaja Berprestasi di SEA Games

Itu dia sejarah, tujuan, dan cara memperingati Hari Remaja Internasional. Tetap semangat para remaja, untuk memajukan bangsa dan negara!

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya