Comscore Tracker

5 Keunggulan Letak Geologis Bumi Indonesia, Alamnya Sangat Melimpah!

Sudah saatnya kita turut melestarikan alam Indonesia

Letak geologis adalah letak suatu negara yang dilihat dari kondisi struktur geologinya seperti vulkanologi, tektonik, dan batuan. Peranan aktivitas tektonik dan vulkanik masih menentukan kondisi geologi Indonesia sekarang ini.

Secara geologis, Indonesia dikelilingi oleh dua sirkum besar, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Empat lempeng tektonik besar yang aktif di antaranya yaitu lempengan Pasifik, Indo-Australia, Eurasia, dan Laut Filipina. Kondisi geologis seperti inilah yang membawa Indonesia pada keberagaman sumber daya alam yang melimpah, serta keanekaragaman flora dan fauna. Berikut beberapa keunggulan letak geologis bumi Indonesia!

1. Memiliki banyak dataran tinggi dan dataran rendah

5 Keunggulan Letak Geologis Bumi Indonesia, Alamnya Sangat Melimpah!ilustrasi dataran Indonesia (pixabay.com/NguyenDo)

Jalur pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania menyebabkan geologis Indonesia memiliki cukup banyak dataran tinggi dan pegunungan. Tentu saja beberapa wilayah di tanah air ini memiliki iklim yang rata-rata sejuk. Selain itu, kawasan dataran tinggi dan pegunungan yang indah menjadi potensi wisata dan rekreasi bagi Indonesia maupun mancanegara.

Dataran tinggi dan dataran rendah memiliki perbedaan dalam hal iklim, mobilitas penduduk dan sebagainya. Biasanya, penduduk yang banyak tinggal di dataran rendah adalah wilayah sekitar pantai yang landai, perkotaan, dan akses internet yang mudah terjangkau. Selain itu, wilayah dataran rendah memiliki populasi penduduk terbanyak. Tetapi, wilayah dataran tinggi memiliki curah hujan yang rendah dan iklim yang sejuk.

2. Memiliki banyak ragam jenis tanah yang subur

5 Keunggulan Letak Geologis Bumi Indonesia, Alamnya Sangat Melimpah!ilustrasi tanah humus (Pixabay.com/Markus53)

Tanah di Indonesia memang sangat subur, karenanya tumbuhan apa saja rata-rata bisa tumbuh subur di negeri ini. Selain itu, tanah yang subur akan berperan cukup baik dalam menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Apalagi dengan banyaknya aneka ragam perkebunan, terutama di wilayah dataran tingginya. Sudah pasti akan kita jumpai perkebunan yang membentang bila berkunjung ke wilayah sana.

Selain itu, tanah dekat kawasan gunung berapi banyak mengandung unsur hara, yang membuat tanah menjadi gembur dan subur. Kondisi tanah ini tentu saja masih dibutuhkan masyarakat Indonesia karena masih sangat banyak masyarakat yang  memiliki mata pencahariannya di bidang pertanian.

Baca Juga: Ini Letak Astronomis Indonesia, Lengkap dengan Pengaruhnya

3. Memiliki keanekaragaman flora dan fauna

5 Keunggulan Letak Geologis Bumi Indonesia, Alamnya Sangat Melimpah!ilustrasi harimau (pixabay.com/pmunadi)

Karena wilayah Indonesia yang berada dalam persimpangan lempeng Eurasia, Pasifik, Filipina, dan Indo-Pasifik, tentu memiliki kesamaan dengan jenis flora dan fauna dengan flora-fauna di benua Asia. Keanekaragaman ini merupakan suatu keunggulan letak geologis Indonesia yang jarang dimiliki negara asing.

Selain itu, wilayah Indonesia bagian tengah berada di lempeng Indo-Australia yang memiliki jenis flora dan fauna yang tidak bisa ditemukan, entah itu di Asia maupun Australia. Sedangkan wilayah Indonesia yang berada di bagian timur adalah kawasan lempeng Australia yang juga memiliki flora dan fauna yang sama seperti di negara Australia.

Fauna khas Indonesia yaitu Harimau Sumatera, Orang Utan, burung Cenderawasih, Maleo, dan masih banyak lagi. Kemudian flora khas Indonesia yaitu bunga Rafflesia, Angrek Hitam, buah Merah, bunga Sedap Malam, dan sebagainya.

4. Memiliki banyak sumber daya mineral yang beraneka ragam

5 Keunggulan Letak Geologis Bumi Indonesia, Alamnya Sangat Melimpah!ilustrasi pertambangan mineral (pixabay.com/Afandi Syaikhu)

Aktivitas vulkanis dan tektonis gunung berapi membuat sumber daya mineral tercipta di Indonesia. Selain itu, letak geologis Indonesia memberikan banyak mineral lain yang tidak semua negara memilikinya, karena letak Indonesia yang berada di empat lempeng besar itu. Sumber daya mineral ini memberikan banyak manfaat terutama bagi kebutuhan industrinya. Baik itu jenis batuan hingga pertambangan seperti gas alam dan minyak bumi.

Kekayaan sumber daya mineral Indonesia tentunya sangat beragam mulai dari bahan galian logam, radioaktif, bahan non-logam, dan batuan serta batubara. Kemudian, yang menjadi komoditas andalan Indonesia yaitu berupa logam seperti emas, nikel, tembaga, bauksit, perak, dan masih banyak lagi. 

Selain mineral logam, Indonesia juga memiliki sumber daya mineral non-logam berupa zeolit, pasir kuarsa, marmer, pasir dan batu, belerang, batuan karbonat, dan mineral non-logam lainnya yang dapat ditemukan di Indonesia.

5. Melimpahnya berbagai macam hasil laut

5 Keunggulan Letak Geologis Bumi Indonesia, Alamnya Sangat Melimpah!ilustrasi hasil laut (pixabay.com/Alif Fajar)

Keunggulan letak geologis Indonesia selanjutnya adalah hasil laut yang melimpah dan beragam. Tidak hanya itu, wisata bawah laut pun juga sangat beragam. Hal inilah yang kemudian membawa dampak perkembangan ekonomi, baik itu di bidang pariwisata maupun industri hasil laut.

Bidang penangkapan hasil laut dan pertanian merupakan dampak yang sangat positif karena empat lempengan besar yang membentuk struktur geologis Indonesia. Tentunya kita harus bangga dengan kekayaan sumber daya alam yang ada di Indonesia dan turut berkontribusi dalam pengelolaan alam, peningkatan ekonomi, maupun dalam hal pelestariannya.

Itulah beberapa keunggulan letak geologis Indonesia yang membawa dampak positif ekonomi yang luar biasa. Lebih dari itu, kita sebagai anak bangsa seharusnya turut serta menjaga dan mengelola alam kita agar sumber daya alam kita tidak direbut dan dikeruk habis oleh bangsa asing.

Baca Juga: Memahami Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya 

Ali Akbar Mhd Photo Verified Writer Ali Akbar Mhd

Menyukai Kesibukan Walau Tak Lupa Rebahan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya