Comscore Tracker

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!

Mau menikah malah harus dikotori dulu?

Mereka yang mengatakan menikah itu merepotkan sebenarnya tidak salah. Bukan permasalahan hidup bersama sang pasangan, namun ritual menuju ke kehidupan rumah tangga itulah yang cukup menyusahkan. Ada proses yang sangat panjang dan sering kali menghabiskan banyak dana. Menariknya hal itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga penjuru dunia yang lain. Berikut ini adalah budaya menikah yang terbilang unik di mata kita.

1. Pernikahan hantu

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!taiwannews.com.tw

Ini tradisi dari Tiongkok yang sudah berlangsung ribuan tahun. Praktik ini menikahkan dua orang yang meninggal dengan kondisi lajang. Dilangsungkan di kuburan, pernikahan ini tidaklah murah karena meminta rumah besar hingga perhiasan mahal.

2. Pernikahan sponsor

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!hochzeitsfilm-hochzeitsvideo.at

Pernikahan ini diadakan di Filipina. Sebagai pengantin, kamu tidak perlu membiayai upacara, ritual ataupun perayaannya dan semua ini dibiayai oleh pemerintah. Persyaratannya hanyalah kamu mencari venue sendiri, telah mendaftarkan dirimu dan dilaksanakan pada hari Valentine. 

3. Pernikahan yang tidak menyenangkan

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!id.pinterest.com

Di Kongo, mereka melihat jika tersenyum adalah sesuatu yang tabu dilakukan ketika melaksanakan upacara pernikahan. Tersenyum atau tertawa dianggap jika pasangan tersebut tidak serius menjalankan upacara pernikahan. Oleh karena itu pasangan pengantin selalu memasang ekspresi datar dan baru ketika bulan madu, mereka bergembira.

4. Memanah pengantin perempuan

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!ochevidets.ru

Hal ini dilakukan di Yugur. Sang pengantin pria akan memanah pengantin perempuannya dengan anak panah yang tidak berkepala, lalu akan mematahkan anak panah itu sebagai lambang cinta selamanya.

5. Pernikahan di peti mati

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!asiaone.com

Mungkin kamu menganggap ini tidak masuk akal mengingat menikah dan peti mati adalah dua hal yang sangat berlawanan. Tapi ritual ini memang pernah dirayakan. Pada hari Valentine 2015, 10 pasang pengantin melakukan upacara ini di Wat Ta Kien. Dipercaya berbaring di peti mati dan didoakan di sana saat menikah mampu menghilangkan nasib sial.

Baca Juga: 10 Budaya Negara Lain yang Merayakan Tahun Baru dengan Cara Berbeda

6. Pernikahan simbol

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!pinterest.de

Kamu pasti paham jika upacara pernikahan terdapat banyak simbol. Tapi banyaknya simbol itu akan membuatmu tak habis pikir jika menuju Afrika. Dalam sekali pernikahan, bisa ada 12 simbol yang muncul. Mulai dari merica, air, sendok, sapu bahkan hingga kitab.

7. Ospek pernikahan

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!mindblowings.com

Bagi warga Skotlandia, bukan hal yang aneh jika kerabat merayakan pernikahan dengan cara mengikat calon pengantin secara tiba-tiba ke pohon dan menaburkannya dengan sampah. Ada kepercayaan mengatakan jika sang calon pengantin tahan akan hal itu, maka dia akan tahan dengan berbagai masalah saat berkeluarga nanti.

8. Minum dari toilet

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!nari.punjabkesari.in

Pengantin baru di Prancis sepertinya tidaklah seberapa beruntung. Di sana terdapat budaya yang mana mereka dipaksa minum minuman sisa di toilet. Sekarang sudah diganti menjadi cokelat dan champagne, tapi tetap saja minumnya harus dari toilet.

9. Menculik sang pengantin

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!theclever.com

Budaya ini dilakukan di beberapa area sekaligus. Mulai dari Asia sampai Afrika. Konsepnya adalah dengan menculik sang pengantin perempuan untuk memastikan dia tidak direbut pria lain. Budaya ini cukup kontroversial mengingat beberapa beranggapan ini sangat patriarki dan tidak menghargai si perempuan.

10. Menangis berjam-jam

10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!vuntu.net

Orang-orang Tuijia di Tiongkok memiliki tradisi sang pengantin perempuan harus menangis selama satu jam tiap hari selama satu bulan penuh sebelum dia menikah. Nanti 10 hari menjelang pernikahan, sang ibu dari mempelai perempuan akan turut menangis, diikuti sang nenek. Menangis ini dianggap sebagai ekspresi kebahagiaan.

Seribet-ribetnya mengurus surat pernikahan di Indonesia, paling tidak kamu tidak harus menjalani ritual yang aneh-aneh macam ini. Terkecuali kamu masih memiliki ikatan darah suku yang kental sehingga kamu harus menjalankan praktik pernikahan tradisional. Kalau sudah begitu, nikmati saja ya!

Baca Juga: 8 Ritual Budaya di Indonesia yang Tidak Dimengerti Orang Luar Negeri

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya