10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rex

Dianggap sebagai puncak rantai makanan di masanya

Dinosaurus selalu menjadi hewan yang bisa terbayang di pikiran kita. Memang mereka terbukti ada di dunia dengan ditemukan fosil-fosilnya, akan tetapi tidak ada satu pun yang hidup alias sepenuhnya punah.

Tapi misalnya hidup pun, kita tidak bisa membayangkan akan seperti apa kehidupan kita mengingat beberapa dinosaurus adalah pemakan daging. Berikut ini adalah beberapa dinosaurus karnivora yang sudah ditemukan keberadaannya selain Tyrannosaurus rex yang sudah terkenal.

1. Abelisaurus

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexnewdinosaurs.com

Fosilnya tidak banyak ditemukan. Hanya satu tengkorak saja yang ada. Para arkeolog membayangkan dinosaurus ini merupakan perwujudan Tyrannosaurus rex dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Spinosaurus

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexsmithsonianmag.com

Peneliti melihat kemungkinan besar dinosaurus ini merupakan dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ada. Spinosaurus juga diperkirakan mampu berenang.

3. Velociraptor

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexrenderhub.com

Dipopulerkan film Jurassic Park, velociraptor berukuran kecil dan lebih lambat daripada yang kamu lihat di film. Studi modern menunjukkan kuku besarnya digunakan untuk mencengkeram mangsanya agar tidak lari.

4. Coelophysis

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexdkfindout.com

Coelophysis tampak ramping, kecil dan tidak berbahaya. Tapi fosilnya menunjukkan hal berbeda. Untuk masalah berburu, mereka akan melakukannya secara berkelompok dan itu dilakukan dengan sangat lincah menggunakan gigi tajamnya.

5. Majungasaurus

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexjurassicworld-evolution.fandom.com

Salah satu dinosaurus karnivora yang dikenal kanibal. Majungasaurus dikenal memiliki bentuk tengkorak yang agak berbeda. Bentuknya tersebut membuat peneliti melihat hewan purba ini membunuh layaknya kucing di zaman sekarang, yaitu menggigit dan menahannya sampai mati.

Baca Juga: 8 Mitos Dinosaurus Ini Ternyata Tidak Benar, Tak Sesuai Kisah Populer!

6. Allosaurus

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexpinterest.cl

Di zaman Jurassic, allosaurus bisa menjadi predator paling menakutkan yang pernah ada. Paleontologis pernah menemukan fosil dinosaurus macam stegosaurus yang memiliki tanda gigitan allosaurus.

7. Aerosteon

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexdinopedia.fandom.com

Namanya diartikan sebagai tulang udara. Itu karena dinosaurus pemakan daging ini memiliki kantung udara seperti burung.

8. Angaturama

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rextwitter.com/BiodiversidadeB

Ukurannya bisa disetarakan dengan Tyrannosaurus rex dan masih kerabat dari spinosaurus. Fosilnya ditemukan di Brasil.

9. Australovenator

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexbehance.net

Namanya sesuai dengan tempatnya ditemukan, yaitu di Australia. Dinosaurus ini digolongkan dalam keluarga allosaurus dan dipercaya masih kerabat dekat dengan megaraptor yang berasal dari Amerika Selatan.

10. Dilophosaurus

10 Dinosaurus Karnivora Terkenal selain Tyrannosaurus Rexneoseeker.com

Kamu mungkin tahu dinosaurus ini dari film Jurassic Park yang masuk dalam mobil. Faktanya Dilophosaurus tidak bisa memuntahkan racun dan merebakkan lehernya. Selain itu ukurannya juga jauh lebih besar. Kurang lebih bisa setara mobil.

Itulah beberapa dinosaurus karnivora yang pernah ada di dunia ini. Masih ada yang lainnya dan jumlahnya masih terus bertambah mengingat fosilnya terus menerus ditemukan. Kalau semisalnya kamu hidup pada zaman dinosaurus-dinosaurus ini masih ada, kira-kira apa yang bakal kamu lakukan untuk menghindari perburuan mereka?