Comscore Tracker

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara Kita

Lambang kebanggaan ini dibuat oleh seorang perwira tinggi

Seiring berjalannya waktu yang panjang, kita mulai banyak melupakan hal-hal yang zaman dulu diperjuangkan, seperti hak-hak kebebasan hingga masalah toleransi terhadap perbedaan. Satu hal yang sebenarnya semakin terlupa adalah mengenai Garuda Pancasila.

Apakah teman-teman mengingat bagaimana di sekolah kita dulu ketika pelajaran Pendidikan dan Pengetahuan Kewarganegaraan atau PPKN, di salah satu babnya adalah disuruh menghapal tentang Pancasila?

Seperti berapa lembar bulu yang ada di sayap? Apa sih artinya lambang banteng? Manakah lambang yang sila pertama? 

Jika kamu mengingatnya, maka baguslah. Namun jika lupa, berikut ini IDN Times akan membuat kamu mengingat kembali bersama tentang beberapa fakta Garuda Pancasila yang sebagai lambang Negara Indonesia ini dan wajib untuk kamu ketahui.

1. Diciptakan pada 1950

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara Kitagahetna.nl

Lambang negara kita didesain oleh Sultan Hamid II, seorang perwira tinggi berpangkat Mayor Jenderal di tentara KNIL.

Pria berdarah campuran Arab-Indonesia itu merancang lambang garuda setelah adanya titah presiden pertama kita, Ir. Soekarno untuk membuat lambang negara.

Melalui proses penyeleksian oleh Panitia Lambang Negara, dipilihlah dua desain, yaitu milik Hamid dan milik Muhammad Yamin.

Panitia menolak desain Yamin karena dinilai desainnya banyak mengandung budaya Jepang dan memilih desain garuda milik Hamid. Di situlah awal mula lambang negara kita ini muncul.

2. Burung yang dinaiki oleh Dewa Wishnu

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara Kitaharekrsna.de

Pemilihan lambang Garuda bukan dipilih secara serampangan melainkan karena adanya filosofi yang terkandung di dalam gambar itu.

Garuda adalah hewan yang, menurut mitologi Hindu, dinaiki oleh Dewa Wishnu dan menjadi lambang kejayaan dan keagungan lewat warna emasnya.

Kisah Garuda sendiri adalah mengenai kegigihan dalam memperjuangkan kebebasan.

Hewan tersebut berusaha membebaskan ibunya dari naga dengan ganti mencarikan amertha sari kepada sang naga.

Dalam perjalanannya mencari amertha sari, Garuda bertemu Wishnu dan dijanjikan oleh dewa itu jika Garuda mau menjadi tunggangannya, maka amertha sari pun akan diberikan.

3. Jumlah bulu yang sama dengan hari kemerdekaan

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Abraham Herdyanto

Pada sayap lambang garuda, terdapat 17 helai bulu di kiri dan kanan sayap yang menjadi lambang tanggal kemerdekaan.

Sedangkan jumlah bulu pada ekor adalah delapan dan merupakan simbol bulan Agustus. Lalu jumlah bulu pada pangkal ekor adalah 19 dan pada leher adalah 45, menandakan tahun kemerdekaan kita, 1945.

4. Adanya perisai sebagai lambang perlindungan, pertahanan dan perjuangan diri

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Sukma Shakti

Tidak hanya itu, garis hitam tebal yang ada di tengah perisai dan membagi empat simbol merupakan lambang garis khatulistiwa yang melintasi negara kita dan menjadikan Indonesia sebagai negara tropis.

Adapun warna merah dan putih yang menjadi dasar empat lambang lain yang ada di dalam perisai tidak lain dan tidak bukan adalah warna bendera kita.

5. Sila pertama berbentuk bintang

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Sukma Shakti

Sila pertama yang berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa dilambangkan dengan bintang. Layaknya bintang di langit, lambang bintang ini menyimbolkan tuntunan jiwa masayarakat Indonesia serta menjadi cahaya penerang layaknya Tuhan yang menjadi cahaya kerohanian bagi setiap manusia.

Baca Juga: Jangan Hanya Merayakan, Kenali Juga Fakta tentang Pancasila

6. Sila kedua berbentuk rantai

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Sukma Shakti

Rantai di sini melambangkan tentang hubungan manusia, penggambaran untuk sila yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Jika diperhatikan lebih detail terhadap rantai itu, terdapat dua macam gelang yang terikat satu sama lain: persegi dan lingkaran. Gelang persegi menjadi lambang pria, gelang lingkaran menggambarkan wanita.

7. Sila ketiga yang bergambar pohon beringin

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Sukma Shakti

Pohon beringin sering menjadi mitos urban bahwa pohon tersebut banyak dihuni makhluk-makhluk halus.

Namun di sini, pohon beringin menjadi simbol Persatuan Indonesia. Kekhasan dari beringin sendirilah yang membuat orang-orang mengambilnya sebagai lambang sila ketiga.

Pohon beringin berakar tunggal yang sangat kuat hingga mampu menopang seluruh badan pohon, sebuah lambang yang cocok untuk mencerminkan persatuan dan kesatuan.

Pohon Beringin juga mempunyai banyak akar yang menggelantung, mencerminkan Indonesia memiliki berbagai latar belakang budaya yang berbeda-beda.

8. Sila keempat bergambar kepala banteng

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Sukma Shakti

Bunyi sila keempat adalah Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan. Menurut orang Indonesia, banteng merupakan binatang sosial yang mana mereka suka berkumpul dan itu sesuai dengan sila keempat.

Dalam mencapai permusyawaratan diperlukan berkumpulnya orang-orang terlebih dahulu dan itu sangat digambarkan oleh banteng.

9. Sila kelima: padi dan kapas

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Sukma Shakti

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bunyi itu menyuarakan adanya keseimbangan kelas. Di masyarakat Indonesia.

Penggambaran padi dan kapas adalah simbol dari pangan dan sandang, di mana setiap warga Indonesia berhak mendapatkan hak-hak dasar tanpa adanya kesenjangan sosial.

10. Pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Sukma Shakti

Sebagai pengingat dan penguat akan keberagaman, sehelai kain putih dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika dicengkeram kuat oleh kaki sang garuda. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diartikan "Beraneka Satu Itu" dengan bahasanya yang diambil dari kutipan Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular.

Kata "bhinneka" memiliki arti beraneka ragam atau berbeda-beda, sedang kata "tunggal" berarti satu, dan kata "ika" bermakna itu. 

11. Warna-warna yang bermakna

11 Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila Lambang Negara KitaIDN Times/Sukma Shakti

Selain simbol bendera negara Indonesia, warna-warna yang ada di lambang Garuda Pancasila ternyata memiliki artinya sendiri-sendiri. Berikut adalah artinya:

  • Warna putih memiliki arti kebenaran, kesucian dan kemurnian.
  • Warna hitam memiliki makna keabadian.
  • Warna merah memiliki arti keberanian.
  • Warna hijau berarti kesuburan dan kemakmuran.
  • Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran.

Begitulah info atau ulasan mengenai beberapa fakta Garuda Pancasila lambang negara kita Indonesia. Benar kan kalau kalian bisa merasa nostalgia kayak belajar waktu zaman SD dulu? Jangan dilupakan ya!

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You