Comscore Tracker

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Ini

Hati-hati, mindblowing!

Psikologi dan bahasa memang menarik untuk dipelajari karena memiliki sangkut paut yang sangat dalam akan kehidupan manusia. Tetapi kamu tahu apa lagi yang menarik dipelajari? Filosofi.

Gagasan filosofi adalah sesuatu yang mindblowing, sesuatu yang tidak pernah terpikirkan olehmu sebelumnya. Namun menariknya filosofi juga mengajarkan sisi lain kehidupan manusia dan bagaimana berpikir berbeda. Berikut adalah beberapa filsuf penggagas ide-ide luar biasa dalam kehidupan manusia yang bisa kamu pelajari.

1. Aristoteles

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Inidaily.jstor.org

Hidup di masa Yunani kuno, Aristoteles menyumbang banyak ilmu di bidang linguistik, pemerintahan hingga puisi. Dalam sejarah, dia adalah filsuf terkenal dan tak ada satupun yang tak akan menyebut namanya.

2. Immanuel Kant

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Iniopenculture.com

Ide terkenalnya adalah tentang persepsi yang mana kita tidak pernah tahu tentang dunia asli yang kita tinggali. Yang kita ketahui hanyalah dunia yang kita rasakan.

3. Plato

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Inideseretnews.com

Sebagai guru dari Aristoteles, Plato terkenal karena dia yang mencanangkan konsep akademi di Athena pada era Yunani kuno. Ini adalah institusi pertama pembelajaran tingkat tinggi di dunia.

4. Confusius

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Ininationalgeographic.com

Filsuf Cina yang hidup di era 500 sebelum masehi. Ide filosofinya terfokus pada bagaimana sebuah hubungan terbentuk dan pentingnya dalam keluarga serta masyarakat.

5. David Hume

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Inimedium.com

Filsuf asal Skotlandia. Dia sangat skeptis dan empiris. Dia berpendapat jika apa yang kita percayai bukan dari alasan kita melainkan perasaan dan ide kita sendiri tentang bagaimana dunia seharusnya di mata kita.

6. Rene Descartes

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Inilearnliberty.org

Dianggap sebagai Ayah Filosofi. Descartes terkenal akan pernyataannya, “Aku berpikir, maka aku ada.”

Baca Juga: Bertrand Russel: Filsuf yang Ahli Segala Bidang Ilmu Pengetahuan

7. Socrates

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Inigreeka.com

Guru dari Plato. Dia terkenal dengan metode Socratic-nya yang memberikan sejumlah pertanyaan sebelum menarik kesimpulan.

8. John Locke

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Inilearnliberty.org

Fisikawan inggris yang mempercayai bahwa semua pengetahuan kita dapatkan indra kita. Saat ditanyai bagaimana kita tahu sebuah objek eksternal benar-benar berwujud, Locke menjelaskan dengan sederhana dengan menyuruh tanganmu masuk ke dalam api.

9. Laozi

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Initonsoffacts.com

Filsuf Tiongkok dari abad ke enam sebelum masehi. Laozi menemukan Taoisme yang berfokus pada ide “Jalannya.” Salah satu filosofinya yang terkenal adalah “bertindak tanpa melalui tindakan.”

10. Thomas Hobbes

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Inibbc.co.uk

Karena hidup di zaman perang saudara, filsuf Inggris ini memiliki argumen yang berkutat pada aparat. Salah satu argumennya adalah orang-orang harus mematuhi aparat bagaimana pun caranya selama mereka bisa menawarkan kedamaian. Itu karena pemikirannya bahwa tidak ada yang lebih parah daripada perang itu sendiri.

11. Siddhartha Gautama a.k.a Budha

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Iniwallpapercave.com

Bisa dianggap sebagai filsuf paling terkenal dari India. Selain menyebarkan agama Buddha itu sendiri, Budha memiliki ide jika kesengsaraan manusia datang dari hasrat mereka akan keabadian yang mana tidak ada sesuatu yang abadi.

12. Jean-Jacques Rousseau

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Iniquotes.thefamouspeople.com

Ide anarkisme salah satunya dibentuk dari pemikirannya. Menurutnya manusia merasakan kebebasan ketika mereka berada menjadi seorang individu alami ketimbang harus hidup di dalam masyarakat.

13. Sun Tzu

Kamu Bisa Belajar Banyak tentang Hidup dari 13 Filsuf Bersejarah Inilifehacker.com

Lahir di Cina pada tahun 500 sebelum masehi, Sun Tzu merupakan jenderal militer sekaligus seorang filsuf ternama. Karyanya yang paling ternama adalah “Seni Berperang.” Idenya tentang strategi berperang itu bisa diterapkan dalam bidang politik, bisnis, hingga pembentukan karakter individu.

Itulah sejumlah nama filsuf terkenal beserta gagasannya. Kalau kamu ingin mempelajari filosofi mereka satu per satu secara mendalam, berhati-hatilah. Itu karena sering kali satu gagasan dengan gagasan yang lain bertentangan satu sama lain. Jadi jangan sampai kamu terjebak dalam kebingungan.

Baca Juga: Immanuel Kant: Filsuf yang Mempertanyakan Batas Kemampuan Akal

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You