Comscore Tracker

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontoh

Pola asuh pada hewan di daftar ini parah banget sih

Melahirkan anak ke dunia tidak lantas menjadikan seseorang sebagai orangtua yang baik. Kata-kata ini tidak hanya berlaku pada manusia saja, tetapi juga di dunia hewan.

Faktanya, beberapa hewan punya pola asuh yang sangat tidak baik dalam membesarkan keturunannya. Melansir National Geographic dan Live Science, berikut ini daftar hewan tersebut.

1. Anjing laut harpa (Pagophilus groenlandicus)

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohanjing laut harpa (britannica.com)

Induk betina dari anjing laut ini akan merawat anaknya untuk 12 hari pertama. Setelah itu dia akan meninggalkannya untuk kawin lagi. Rata-rata bobot bayi anjing laut ini akan turun hingga 50 persen pada 1,5 bulan kemudian.

2. Burung kukuk (Cuculus canorus)

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohburung kukuk (audubon.org)

Burung kukuk tidak pernah merawat anaknya. Dia akan bertelur di sarang burung lain, membiarkan anaknya dirawat burung lain. Yang menjadi masalah, anaknya ini begitu cepat bertumbuh hingga menyebabkan anak burung lainnya tidak mendapatkan makan dan mati lebih dulu.

3. Burung pipit (Estrildidae)

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohburung pipit (birdnote.org)

Saat mengetahui pasangannya selingkuh, burung pipit betina akan mendatangi sarang burung selingkuhan tersebut dan membunuh anak-anaknya. Tujuannya tidak lain agar pejantannya kembali untuk merawat anak-anaknya yang sudah lahir duluan.

4. Panda (Ailuropoda melanoleuca)

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohpanda (anthropocenemagazine.org)

Ibu panda hanya peduli pada satu anaknya. Saat ada yang terlahir kembar, sang ibu akan memilih anak yang kuat dan membiarkan satunya lagi terbengkalai. Ada alasan masuk akal di balik fenomena ini: sangat susah membesarkan dan memberi asupan susu kepada dua anak dengan bambu rendah nutrisi sebagai makanannya.

Baca Juga: 5 Perlakuan Induk Hewan Terhadap Anak-anaknya, Penyintas Hebat!

5. Beruang hitam (Ursus thibetanus)

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohberuang hitam (pixabay.com/David Mark)

Kebalikan dengan panda, saat induk beruang hitam hanya melahirkan satu anak, mereka cenderung akan mengabaikannya. Sepertinya induk beruang hitam itu merasa merawat satu anak tidaklah sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan.

6. Elang hitam (Ictinaetus malaiensis)

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohelang hitam (blackeagles.co.za)

Pertengkaran saudara bukan hal yang mengagetkan. Tidak kaget bila seorang ibu terkadang membiarkannya. Akan tetapi dalam kasus elang hitam, sang induk bahkan tetap mengabaikan pertengkaran itu, walaupun anak-anaknya bisa bertengkar sampai membunuh satu sama lain.

7. Kelinci (Oryctolagus cuniculus)

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohkelinci (Unsplash.com/Waranya Mooldee)

Ibu kelinci akan meninggalkan anak-anaknya sesaat setelah melahirkan dan hanya akan sambang beberapa menit tiap hari untuk memberi makan. Setelah lebih dari satu bulan, sang induk akan meninggalkan mereka dan membiarkan mereka mencari makanan sendiri.

8. Serangga sexton

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohserangga sexton (projectnoah.org)

Serangga sexton menelurkan banyak larva dan memberikan asupan gizi dengan daging hewan mati yang dia temukan. Sayangnya, daging itu tak cukup untuk semua anak. Maka serangga ini akan memilih beberapa anaknya dan memakan anak-anak yang lain.

9. Skink (Scincidae)

9 Induk Hewan dengan Pola Asuh Terburuk, Jangan Dicontohkadal skink (australiangeographic.com.au)

Daripada dimakan hewan lain, induk kadal skink yang sangat protektif memilih untuk memakan telurnya sendiri sebelum anaknya lahir jika terancam. Tujuannya tidak lain agar si pemangsa tidak mendapatkan makanan sama sekali.

Mengagetkan, ya? itu berarti pengasuhan induk singa saja masih terbilang jelas. Pokoknya pola asuh macam ini jangan ditiru ya.

Baca Juga: 10 Potret Induk Hewan Menyusui Anaknya, Bukti Kasih Ibu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya