Comscore Tracker

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembang

Indonesia termasuk salah satunya lho...

Ada negara maju dan ada negara berkembang. Dalam prosesnya, tentu saja ada banyak faktor yang mempengaruhi suatu negara untuk terus bisa berkembang.

Salah satunya adalah kondisi geografis. Berikut ini adalah negara yang susah berkembang karena kondisi geografisnya yang memang tidak mendukung. Yang perlu diingat, susah berkembang bukan berarti tertinggal atau tidak bisa berkembang ya, bisa jadi butuh usaha keras untuk dapat berkembang.

1. Rusia

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembangtrafalgar.com

Permasalahan dari Rusia adalah wilayahnya yang sangat besar serta susahnya koneksi terhadap laut. Lokasinya yang berada di dataran es membuat negara ini hampir tidak memungkinkan menjadi tempat perdagangan mengingat susahnya mengakses.

2. Australia

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembangbusinessinsider.com

Pada dasarnya benua Australia adalah benua yang hampir tidak mungkin ditinggali dikarenakan gersang dan banyak dihuni binatang buas yang berbahaya. Oleh karena itu, penghuni negara ini hanya terletak di area selatan dan tenggara.

3. Indonesia

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembangcntraveler.com

Iya, negara kita. Perkembangan Indonesia susah dicapai mengingat kita adalah negara kepulauan yang mana jarak antar pulaunya pun cukup jauh. Itu belum ditambah fakta kita masuk dalam area ring of fire, mengakibatkan banyaknya gempa bumi serta ledakan gunung berapi yang cukup menimbulkan kerusakan.

4. Mesir

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembangstate.gov

Pada dasarnya Mesir bukanlah negara yang bagus untuk perdagangan karena kondisi daratnya yang cukup gersang dan hanya baik di daerah sungai Nil. Namun berkat adanya terusan Suez, Mesir bisa dikunjungi oleh negara lain saat ini.

5. Pakistan

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembangtelegraph.co.uk

Kota-kota di Pakistan berdekatan dengan perbatasan, menjadikannya banyak perseteruan dengan negara tetangganya, India. Selain itu, Pakistan juga memiliki banyak area pegunungan berbatu yang sangat susah dilewati. Itu menjadikan perjalanan di sana menjadi lebih panjang.

Baca Juga: 5 Negara di Dunia yang Memiliki Senjata Mematikan, Termasuk Bom Nuklir

6. Belanda

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembangexpatica.com

Selain ukurannya yang kecil di Eropa, dataran di Belanda juga rendah. Hampir sepertiga areanya tersebut berada di bawah permukaan laut. Apa hasilnya? Jika permukaan air laut naik, maka negara itu akan sering mengalami banjir dan itu menjadi permasalahan tersendiri.

7. Tiongkok

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembang378789785727445220.weebly.com

Tiongkok adalah negara yang besar dan dapat disandingkan dengan Rusia. Hanya saja geografinya juga tidak mendukung, mengingat area yang subur hanya sebagian saja dan sisanya dikelilingi gurun pasir.

8. Uzbekistan

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembanggeographical.co.uk

Uzbekistan menjadi landlocked country, negara yang wilayahnya terkepung negara lain. Posisinya tersebut menjadikan apapun harus diperoleh dengan biaya yang lebih mahal karena harus meminta izin negara sekitarnya untuk melakukan perdagangan.

9. Jepang

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembangcntraveler.com

Memang Jepang merupakan negara maju, tetapi itu bisa dicapai dengan upaya keras mengatasi medannya yang tak karuan. Negara sakura itu sering diguncang gempa bumi dan tidak punya sumber daya logam serta mineral sehingga harus mengimpornya dengan harga mahal.

10. Negara-negara di benua Afrika

Geografis Tak Mendukung, 10 Negara ini Susah Berkembangazamara.com

Permasalahan negara di Afrika adalah bentuk benua yang mereka tinggali. Dengan memanjang ke selatan, persebaran teknologi serta pembangunan sangat susah dilakukan, terutama untuk negara yang berada di selatan.

Pada dasarnya tiap negara punya permasalahannya masing-masing. Tinggal bagaimana mereka mengetahui permasalahan itu dan mencari solusi yang tepat. Mari berdoa untuk negara kita agar terus bisa maju ya.

Baca Juga: 6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang, Negara Kita Nomor Berapa?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya