Comscore Tracker

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnya

Cerita sejarahnya ternyata dalam banget...

Simbol ada di mana-mana dalam kehidupan kita. Percaya atau tidak? Coba cek smartphone-mu, geser layar dari atas untuk memunculkan layar shortcut.

Di situ pasti terdapat banyak logo yang sudah kamu mengerti. Menariknya, jika kamu mau berpikir dari dalam, pasti terdapat logo dengan desain asing dan membuatmu bertanya dari mana bisa muncul logo seperti ini.

Ternyata beberapa logo dibuat dengan filosofi dan sejarah yang bikin mindblowing. Berikut ini beberapa logo populer yang sering kamu lihat, tapi bisa ditebak kamu tidak mengetahui maknanya.

1. Apple

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyaamazon.co.uk

Logo yang ada di belakang iPhone ini tidak sekadar logo perusahaan. Logo apel yang digigit ini untuk memberikan penghormatan kepada Isaac Newton serta Alan Turing. Untuk kasus Turing, si pionir munculnya artificial intelligence (AI), dia memakan apel berisikan racun sianida sebagai upaya bunuh dirinya.

2. Simbol pria dan wanita

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyaya-webdesign.com

Simbol lingkaran dengan tanda salib serta panah ini ternyata berhubungan dengan alkimia dan astronomi. Simbol pria sendiri merupakan perlambangan Mars dan dulunya memiliki titik di tengah-tengah lingkaran untuk menggambarkan matahari.

Sedangkan panahnya sendiri melambangkan ujung panah sebagai senjata, lingkarannya sebagai lambang perisai. Untuk simbol wanita, lambang tersebut diasosiasikan dengan Venus dan bisa menggambarkan kaca atau roda berputar. Di masa tersebut dua objek itu diasosiasikan dengan hal feminim.

3. Simbol kedamaian

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyaredbubble.com

Simbol ini mulai ramai digunakan sejak 1950an sebagai kampanye perlucutan nuklir. Awal mulanya sendiri logo ini berasal dari otak desainer bernama Gerald Holtom. Menggunakan kode tiang sinyal, Holtom menggabungkan huruf N dan D (dari kata disarmament atau pelucutan) dan menjadikannya simbol.

4. Bluetooth

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyafabrikbrands.com

Logo bluetooth ini berhubungan dengan kuat mitologi Norwegia. Logo tersebut merupakan huruf H dan B yang ditulis dengan huruf Norwegia kuno sebagai inisial nama dari Harald Bluetooth, raja Denmark yang terkenal karena berhasil menyatukan banyak suku.

5. Simbol jeda

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyamind-blowingfacts.com

Simbol jeda yang digambarkan lingkaran berisi dua garis ini berhubungan erat dengan musik serta puisi di masa kuno. Bernama caesura, simbol ini digunakan penampil zaman dulu untuk menunjukkan jeda demi mengambil napas.

Baca Juga: Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggris

6. Simbol nyala / mati

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyajonpritchard.co.uk

Ternyata simbol ini berbeda makna jika dilihat oleh para programer. Simbol ini memiliki hubungan dengan kode binari 0 dan 1. 0 melambangkan salah, 1 melambangkan benar. Simbol garis di bagian atas menjadi penggambaran angka satu, sedangkan lingkaran adalah angka nol.

7. Nike

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyawallpapercave.com

Kamu pasti sangat paham ini logo apa. Tapi bagaimana dengan sejarahnya? Secara nama, Nike diambil dari nama dewi mitologi Yunani, yaitu dewi kemenangan. Simbol ini untuk melambangkan sayap dari dewi Nike yang memiliki arti kecepatan dan mengarah kepada kemampuan fisik atlet dan pejuang.

8. Ampersand

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyamedium.com

Logo kata “dan” yang pasti sering kamu gunakan. Ampersand ini muncul sejak abad pertama masehi, di zaman Romawi. Logonya merupakan gabungan dari dua huruf A dan E untuk singkatan frase “And Per Se” atau “sebagai tambahan.”

9. Simbol hati

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyawsj.com

Dalam tubuh kita, hati tidak pernah berbentuk seperti itu. Lantas kenapa hati sering disimbolkan dengan gambar di atas? Jawabannya terletak pada sejarah Yunani. Pada saat itu orang-orang menggunakan tanaman silphium sebagai alat kontrasepsi. Daunnya memiliki bentukan seperti simbol hati dan logo hati yang melambangkan cinta dan hubungan pun tercipta.

10. Yin Yang

10 Simbol dan Logo yang Pasti Tidak Kamu Ketahui Asal Muasalnyayoutube.com Learn Chinese Now

Simbol ini sudah ada sejak 400 tahun sebelum masehi. Pengenalan pertamanya datang dari Zhao Yang yang mengajarkan filosofi Tao. Simbol Yin Yang terinspirasi dari cahaya matahari yang melewati lembah dan matahari, menerangkan sebagian tempat sekaligus menggelapkan yang lain. Simbol ini akhirnya menggambarkan dualisme tersebut yang saling berlawanan, namun bisa saling menguntungkan hingga pada titik mereka tidak bisa berpisah.

Kalau dipikir lagi dari sejarah-sejarahnya ini, sepertinya membuat logo tidak semudah yang kamu bayangkan. Tidak salah jika logo-logo perusahaan di zaman sekarang bisa berharga ratusan juta. Itu karena makna filosofinya begitu mendalam. Kalau punya perusahaan atau bisnis, sebaiknya perhatikan baik-baik logomu.

Baca Juga: 5 Fakta Kerah Ruff, Simbol Status Kebangsawananan Zaman Dulu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya