Comscore Tracker

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!

Faktor alam juga turut andil ke dalam terjadinya banjir...

Pada awal tahun 2020, Indonesia terutama Jakarta sudah mendapat kejutan berupa banjir. Bahkan, setidaknya hingga bulan Februari kemarin, banjir masih terus berlangsung.

Tentu saja musibah ini membuat masyarakat gempar karena harus terus-menerus membereskan rumah, menyelamatkan harta, hingga telat ketika pergi kerja. Akibat dari banjir yang terus melanda tiada henti, seruan ini terus terdengar:

Sadarkah kalian kalau banjir bisa terjadi karena masih banyaknya warga yang sering membuang sampah sembarangan? Bukan hanya itu, banjir juga punya banyak sekali penyebab, baik itu kesalahan manusia maupun faktor alam.

Untuk itu, simak beberapa penyebab banjir yang perlu kamu tahu, bukan hanya karena buang sampah sembarangan saja. Yuk, cari tahu!

1. Curah hujan yang tinggi

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!unsplash.com/osman rana

Melansir Office of Disaster Preparedness and Management, banjir juga bisa terjadi karena curah hujan yang tinggi. Apabila curah hujan tinggi, maka tanah tidak sanggup lagi untuk menampung air hujan. Padahal, hujan masih terus berlangsung tapi sudah tidak bisa diserap lagi, alhasil air akan mengalir di atasnya. 

Sungai dan danau pun juga bisa dijadikan penampungan untuk air hujan. Tapi kalau hujan tidak kunjung berhenti, sungai dan danau akan ikut-ikutan meluap. Praktis, air-air yang tidak tertampung inilah yang menjadi penyebab dari banjir.

2. Dataran rendah mendapat kiriman dari dataran tinggi

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!dailymail.co.uk

Perbedaan ketinggian dataran tinggi dan rendah juga menjadi salah satu penyebab banjir. Ketika hujan turun, limpahan air hujan dapat bergerak mengalir turun sangat cepat dari daerah pegunungan atau berbukit ke daerah dataran rendah. Dengan demikian, dataran rendah bakal jadi lebih rentan terhadap banjir deh.

3. Penggundulan hutan

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!wildernessmastery.com

Berhubung curah hujan sedang tinggi, maka penyerapan harus tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan menjaga hutan atau pohon. Sejak dulu, kita semua pasti tahu kalau hutan punya banyak sekali manfaat untuk manusia, seperti menghasilkan oksigen hingga menyerap air.

Oleh karena itu, peran hutan sangat krusial. Kalau hutan sampai digundulkan, siapa yang akan menyerap air hujan berlebih tersebut?

Baca Juga: Banjir Jakarta, Ini 6 Tip Menghindari Sengatan Listrik dalam Air

4. Penggunaan lahan yang buruk

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!impakter.com

Di era kini, banyak sekali kita lihat praktik penggunaan lahan yang buruk. Contohnya adalah pembakaran hutan atau perkebunan yang ingin dialokasikan menjadi pabrik serta kepentingan bisnis lainnya. Rupanya ini juga bisa menjadi penyebab banjir loh.

Ketika sebuah hutan dibakar, maka tanahnya menjadi tidak subur. Kalaupun ingin dikembalikan menjadi hutan lagi, tanahnya sudah tidak mampu mempertahankan pertumbuhan vegetatif.

Dengan penurunan kualitas tanah, air yang masuk pun malah jadi gampang meluap di tanah tersebut. Kalau begitu, sudah ketahuan kan apa yang akan terjadi selanjutnya?

5. Tsunami

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!amazon.com

Banjir tidak melulu soal hujan, ada penyebab alam lainnya yang bisa menjadi penyebab dari banjir, demikian dikutip dari B-Air. Seperti tsunami yang dihasilkan oleh gempa di dalam laut, ini juga bisa menimbulkan banjir, malahan banjir akan datang dengan lebih dahsyat.

Kalau untuk penyebab yang satu ini, tidak banyak yang manusia bisa lakukan. Palingan hal yang paling memungkinkan adalah menyelamatkan diri masing-masing terlebih dahulu.

Untungnya, zaman sekarang sudah lebih canggih dengan adanya pendeteksi tsunami. Ketika tsunami akan datang, kamu jadi punya waktu dulu deh untuk menyelamatkan harta-harta yang berharga.

6. Bendungan rusak

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!Ilustrasi bendungan. unsplash.com/alexfox

Di Indonesia, apalagi di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, banyak sekali terjadi pembangunan infrastruktur. Membangun infrastruktur memang penting sih, tapi alangkah lebih baiknya kalau infrastruktur-infrastruktur terdahulu juga turut diperhatikan. Seperti bendungan, kalau bendungan yang sudah tua tidak pernah diperhatikan, maka bisa mendatangkan petaka.

Seperti yang terjadi di New Orleans, Amerika Serikat pada 2005 silam. Kala itu, badai 'Hurricane Catrina' membuat bendungan di sana jebol. Alhasil, banjir semakin parah terjadi karena tempat yang seharusnya menampung air malah jebol.

7. Emisi gas rumah kaca

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!worldatlas.com

Kalau yang satu ini adalah kesalahan manusia. Menurut Toppr, pembakaran bahan bakar fosil, pengaruh industri, serta polusi menghabiskan tingkat lapisan ozon dan meningkatkan tingkat gas rumah kaca. Praktis, emisi gas rumah kaca menjadi penyebab utama banjir buatan manusia.

Nah, itu dia beberapa penyebab banjir selain karena banyaknya orang yang masih bandel membuang sampah sembarangan. Yang bisa kita cegah, yuk kita cegah bersama.

Baca Juga: 7 Bencana Banjir Terparah di Dunia, Banjir Jakarta Semoga Tidak

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya